Bentrok Karena Perempuan Masuk Kuil India, Satu Orang Tewas

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 13:38 WIB
Bentrok Karena Perempuan Masuk Kuil India, Satu Orang Tewas Bentrokan pecah di beberapa titik di Kerala setelah dua aktivis perempuan India memasuki Kuil Sabarimala kemudian keluar didampingi pasukan kepolisian pada Rabu (2/1) sore. (Reuters/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu orang tewas dan lima belas lainnya terluka akibat bentrokan yang pecah setelah dua perempuan memasuki salah satu kuil Hindu paling suci di negara bagian Kerala, India.

AFP melaporkan bahwa bentrokan pecah di beberapa titik di Kerala setelah dua aktivis perempuan India memasuki Kuil Sabarimala kemudian keluar didampingi pasukan kepolisian pada Rabu (2/1) sore.

Juru bicara kepoilisian Kerala, Pramod Kumar, mengatakan bahwa korban yang tewas ikut serta dalam demonstrasi gagasan Partai Bharatiya Janata (BJP) untuk menolak perempuan masuk ke dalam kuil.
Sejumlah media lokal memberitakan bahwa para demonstran dari BJP itu dilempari batu dari kantor partai Komunis lokal.


"Ia terluka ketika batu dilemparkan dalam demonstrasi tersebut. Ia terluka serius dan kemudian meninggal pada Rabu malam. Setidaknya 15 orang lainnya terluka dalam insiden di seluruh negara bagian tersebut," ujar Kumar.

Sehari setelah bentrokan tersebut, Kamis (3/1), situasi di Kerala dilaporkan masih belum kondusif. Kepolisian pun mengerahkan pasukan tambahan untuk berjaga-jaga.
Bentrokan ini merupakan puncak dari ketegangan setelah Mahkamah Agung India menghapuskan larangan bagi perempuan di usia menstruasi untuk memasuki kuil Sabarimala pada September lalu.

Meski keputusan itu sudah diumumkan, sejumlah aktivis perempuan masih kesulitan masuk ke dalam kuil karena dihalangi massa. Mereka menganggap keputusan MA itu bertentangan dengan tradisi.

Perdana Menteri Narendra Modi yang bernaung di bawah BJP sendiri mendukung pelarangan perempuan masuk ke dalam kuil, sesuai dengan tradisi selama ini.
"Ada beberapa kuil yang memiliki tradisi sendiri, di mana laki-laki tidak masuk, dan mereka patuh," tutur Modi.

Perempuan memang masih dilarang masuk ke sejumlah kuil Hindu di India, termasuk Sabarimala. Selama beberapa generasi, perempuan masuk ke Sabarimala adalah hal tabu yang kemudian ditetapkan dalam ketentuan Pengadilan Tinggi Kerala pada 1991.

Di tengah kisruh ini, Mahkamah Agung akan menggelar sidang dengar pendapat atas keputusan mereka untuk mengizinkan perempuan masuk kuil pada 22 Januari mendatang. (has/has)