Spanyol Jadi Sasaran Baru Imigran ke Eropa

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 05/01/2019 03:06 WIB
Spanyol Jadi Sasaran Baru Imigran ke Eropa Bendera Spanyol (Efraimstochter/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Spanyol telah menggantikan Italia sebagai pilihan tujuan para imigran melintasi Laut Tengah untuk masuk ke Eropa, menurut laporan Uni Eropa yang dirilis Jumat (4/1).

Badan penjaga perbatasan dan pesisir Frontex mengatakan sekitar 150 ribu orang memasuki Uni Eropa melalui penyeberangan tak teratur sepanjang 2018.

Angka tersebut merupakan yang terendah dalam lima tahun terakhir dan jauh di bawah puncak kedatangan jutaan imigran pada 2015.


Akan tetapi kedatangan di Spanyol tercatat berlipat ganda menjadi 57 ribu orang, membuat rute dari Maroko ke Semenanjung Iberia menjadi yang paling aktif di Eropa.


Selain itu, kondisi tersebut menempatkan masalah imigrasi menjadi sorotan di Spanyol menjelang serentetan pemilihan umum pada tahun ini.

Sedangkan jumlah imigran yang mencapai Italia turun hingga 80 persen menjadi sekitar 23 ribu, menjadi yang tersedikit sejak 2012. Italia telah menerapkan sejumlah peraturan yang mencegah pendatang imigran.

Kedatangan di Yunani dan Siprus melalui rute yang dikenal dengan Mediterania Timur naik menjadi 56 ribu, yang sebagian besar berasal dari Afghanistan, Suriah, dan Irak.

Angkatan Laut Spanyol mengatakan pihaknya telah menghentikan menyebarkan informasi reguler tentang penyelamatan imigran di laut melalui media sosial.


Keputusan tersebut memicu kecaman dari partai kanan negara itu, Vox yang dengan pesan anti imigran miliknya secara tak terduga membantu memenangkan 12 kursi dalam pemilihan regional di Andalusia, bulan lalu.

Pemimpin Vox, Santiago Abascal menyalahkan Perdana Menteri Pedro Sanchez yang telah menawarkan menerima imigran, termasuk kapal berisi lebih dari 600 orang Afrika yang terdampar.

"Luar biasa bahwa pemerintah menyembunyikan angka dalam drama yang disebabkan Pedro Sanchez," kata Abascal dalam kicauannya di Twitter. Abascal juga mengatakan keputusan Sanchez mendorong imigran untuk datang ke Spanyol.

Juru bicara pemerintah belum memberikan tanggapan atas tuduhan tersebut. (end)