Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Iran, 31 Orang Terluka

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 11:35 WIB
Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Guncang Iran, 31 Orang Terluka Ilustrasi seismograf. (Istockphoto/Kickers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi mengguncang berkekuatan magnitudo 5.9 mengguncang wilayah sebelah barat Iran, yang berdekatan dengan perbatasan Irak pada Minggu (7/1). Menurut kantor berita pemerintah Iran, IRNA, 31 penduduk mengalami luka ringan dalam kejadian itu.

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) pada mulanya menyatakan gempa itu berkekuatan 5.9 M, yang selanjutnya dikoreksi menjadi 5.5 M.
Seperti dilansir Reuters, Senin (7/1), juru bicara layanan darurat Iran, Mojtaba Khaledi menyatakan 29 warga yang terluka telah diperbolehkan pulang setelah menjalani proses perawatan akibat gempa yang terjadi di Gilan Gharb, Provinsi Kermanshah. Sedangkan sisanya masih dirawat.

Pada November 2018, sebuah gempa berkekuatan 6.3 M juga mengguncang sebelah barat Iran. Kebanyakan korban mengalami luka ringan.
Wilayah Iran memang rentan gempa. Pada 2003, sebuah gempa berkekuatan 6.6 M mengguncang sebelah tenggara Provinsi Kerman. Kejadian itu menelan 31 ribu korban jiwa dan telah meratakan kota bersejarah Bam.


(syf/ayp)