Kapal Tanker Terbakar di Perairan Hong Kong, Satu Awak Tewas

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 16:08 WIB
Kapal Tanker Terbakar di Perairan Hong Kong, Satu Awak Tewas Ilustrasi kapal tanker terbakar. (Screenshot via Twitter/@PDChina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kapal tanker terbakar di perairan selatan Hong KongChina pada Selasa (8/1). Akibat kejadian itu satu awak kapal meninggal dan 21 korban lainnya berhasil diselamatkan.

Mengutip Reuters, operasi penyelamatan masih berlangsung sekitar 1,6 kilometer di selatan Pulau Lamma. Informasi lebih lanjut mengenai insiden, termasuk nama atau ukuran kapal, belum dijelaskan.

"Masih ada beberapa kru yang belum diselamatkan," kata juru bicara kepolisian setempat.
Meskipun begitu, sebuah gambar kapal tanker minyak yang diduga sebagai kapal yang terbakar diunggah melalui akun Facebook kepolisian setempat. Gambar tersebut menunjukkan kapal bernama Aulac Fortune dengan asap hitam mengepul dari lambung kapal.


Menurut data dari Marine Traffic, Aulac Fortune adalah kapal tanker minyak berbobot 17.500 ton berbendera Vietnam yang dibuat pada 2010.

Data pelayaran menunjukkan kapal tanker tersebut sempat terdeteksi sedang mengisi 6.000 liter bahan bakar di Singapura, untuk dibawa ke Guangzhou dan Hong Kong, sebelum kecelakaan terjadi.

Aulac Fortune kemudian tercatat mengirimkan sinyal posisinya dari selatan Pulau Lamma pukul 05.00 waktu setempat.
Menurut pernyataan polisi, saksi melaporkan ledakan keras yang membuat jendela bangunan bergetar. Padahal jarak mereka terpisah beberapa kilometer dari lokasi kejadian.

"Rasanya seperti ketika ada topan yang kuat, angin mengguncang pintu dengan sangat kuat," tutur salah satu penduduk pulau Lantau, Rhea Nee. (fey/ayp)