Kongres Golkan RUU untuk Buka Sebagian Pemerintahan AS

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 02:45 WIB
Kongres Golkan RUU untuk Buka Sebagian Pemerintahan AS Ilustrasi. (REUTERS/Yuri Gripas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kongres AS yang dikontrol oleh Partai Demokrat meloloskan RUU yang berfungsi untuk memulihkan dana bagi beberapa lembaga pemerintahan federal yang tutup untuk sementara waktu akibat kebuntuan pembahasan anggaran pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

UU tersebut disahkan dengan memperoleh dukungan suara mayoritas dari anggota Kongres AS. Uu tersebut memberikan pendanaan diskresi senilai US$35,9 miliar, US$6 miliar pendanaan atas permintaan Presiden AS Donald Trump.

Pemerintahan AS tutup untuk sementara waktu. Penutupan pemerintahan terjadi akibat kebuntuan pembahasan permintaan anggaran senilai US$5,6 miliar yang diajukan oleh Presiden AS Donald Trump guna membangun tembok perbatasan AS- Meksiko.



Memasuki hari ke-21 penutupan pemerintahan tersebut masalah mulai terjadi. Penutupan pemerintahan yang merupakan rekor terlama dalam sejarah tersebut telah mengakibatkan 800 ribu pekerja federal tidak menerima gaji.

Akibatnya, beberapa pekerja terpaksa harus menjual harta benda, menggalang dana online guna membantu mereka membayar tagihan hidup.

"Sebagian besar dari mereka hidup dari gaji ke gaji. Tapi sekarang mereka sudah berhari-hari tak menerima gaji," kata Perwakilan Demokrat Elijah Cummings seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (12/1).

Kepala Dinas Rahasia AS menyatakan jika dibiarkan berlarut-larut masalah tersebut bisa menimbulkan masalah. Karyawan yang tidak menerima gaji bisa mengalami tekanan finansial yang dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

Wakil Presiden Mike Pence mengatakan Trump akan menandatangani undang-undang yang disahkan di Kongres yang akan memberikan pembayaran kembali kepada pekerja federal begitu pemerintah membuka kembali. "Keluarga Anda akan mendapatkan gaji Anda," katanya kepada petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan A.S. di markas besar agen di Washington. (Reuters/agt)