Buron 37 Tahun, Pelaku Empat Pembunuhan di Italia Ditangkap

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 01:53 WIB
Buron 37 Tahun, Pelaku Empat Pembunuhan di Italia Ditangkap  Ilustrasi (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan gerilyawan kiri Italia Cesare Battisti ditangkap di Bolivia dan akan diekstradisi ke negaranya, kata seorang pejabat Brasil. Pria itu sudah menjadi buronan selama 37 tahun setelah kabur dari penjara pada 1981.

"Dia akan segera tiba di Brasil dan dari sini akan dipindahkan ke Italia untuk menjalani hukuman seumur hidup," jelas Filipe G. Martins, seorang asisten senior urusan internasional kepada Presiden Jair Bolsonaro.

Battisti telah lama menjadi buron di Italia. Ia mendapat hukuman penjara seumur hidup di negara asalnya akibat empat pembunuhan yang dilakukan pada tahun 1970-an.


Dia melarikan diri dari penjara pada tahun 1981 dan tinggal di Prancis. Untuk menghindari ekstradisi, ia lantas terbang ke Brasil. Dia menghabiskan bertahun-tahun di Brasil sebagai pengungsi, yang didukung oleh mantan Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva.

Namun, Bolsonaro, yang mulai menjabat pada 1 Januari, berjanji untuk mengirimnya kembali ke Italia. Pada Desember, hakim Mahkamah Agung Brasil memerintahkan penangkapan pria itu.

Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini mengucapkan terima kasih kepada polisi dan semua yang terlibat dalam penangkapan Battisti.

"Saya berterima kasih dengan sepenuh hati kepada presiden Jair Bolsonaro dan pemerintah baru Brasil atas perubahan iklim politik," katanya lewat sebuah pernyataan, Minggu (13/1).

Duta Besar Italia di Brazil Antonio Bernardini mencuit, "Battisti telah ditangkap! Demokrasi lebih kuat daripada terorisme."

(eks/arh)