Urusan Nuklir Mandek, Pejabat AS-Korut Bertemu di Swedia

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 22:25 WIB
Urusan Nuklir Mandek, Pejabat AS-Korut Bertemu di Swedia Ilustrasi. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah diplomat tingkat tinggi Amerika Serikat dan Korea Utara dilaporkan mengadakan pertemuan di Stockholm, Swedia, pada Jumat (18/1), di tengah kemandekan perundingan perlucutan senjata nuklir kedua negara.

Seorang sumber diplomatik mengonfirmasi kabar ini kepada Reuters dan mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari konferensi tingkat tinggi antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura tahun lalu.

"Setelah pertemuan di Singapura, semuanya tersendat. Tujuan pertemuan ini untuk menyuntikkan energi dan mengambil langkah ke depan untuk hubungan AS dan Korut," ujar sumber tersebut.
Sumber itu kemudian menjabarkan bahwa pertemuan itu dihadiri sejumlah pejabat tingkat tinggi, seperti Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Choe Son Hui, dan utusan khusus AS, Stephen Biegun.


Sebagai tuan rumah, Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, dan Sekretaris Kabinet, Annika Soder, juga utusan untuk Korea, Kent Harstedt, juga hadir dalam rapat ini.

Menurut sumber terseut, rapat yang sudah direncanakan secara sembunyi-sembunyi sejak beberapa bulan lalu ini sebenarnya sudah dimulai dari Kamis dan akan berlanjut hingga akhir pekan.
Sementara itu, orang nomor dua di Korut, Kim Yong-chol, juga berkunjung ke AS untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, dan jika memungkinkan, ia juga bakal menemui Trump.

Isu perlucutan senjata nuklir mulai memanas setelah Trump dan Kim Jong-un bertemu tahun lalu. Salah satu kesepakatan yang tercapai dalam pertemuan itu adalah denuklirisasi.

Namun, sejak saat itu, pembicaraan mengenai denuklirisasi ini dianggap stagnan karena perbedaan definisi perlucutan senjata nuklir kedua negara. (has/has)