Hotel AS Beri Kamar Gratis PNS Korban Penutupan Pemerintah

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 20/01/2019 02:09 WIB
Hotel AS Beri Kamar Gratis PNS Korban Penutupan Pemerintah Ilustrasi. (Istockphoto/Predrag Vuckovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosisasi Hotel di kota New York membuka kamar gratis bagi pegawai federal yang terkena imbas penutupan pemerintah Amerika Serikat yang berlangsung sejak 22 Desember lalu.

"Sebagai itikad baik kepada ribuan pekerja yang terkena dampak penutupan pemerintah, Asosiasi Hotel New York City mengumumkan akan menyediakan kamar hotel gratis bagi pekerja yang cuti dan perlu melakukan perjalanan ke New York untuk keadaan darurat, bunyi pernyataan asosiasi tersebut pada Jumat (18/1).

Asosisasi tersebut memaparkan para pegawai negeri yang mungkin membutuhkan kamar untuk menginap bisa mengirimkan surat elektronik terlebih dahulu untuk menjelaskan keadaan mendesak mereka dengan subjek "Pengajuan Kamar Penutupan Pemerintah" ke alamat sandy@hanyc.org.



"Apakah itu masalah keluarga atau masalah kesehatan yang mengharuskan orang bepergian ke New York, kami akan melakukan apa yang kami bisa dengan menyediakan akomodasi secara terbatas kepada mereka yang sangat membutuhkan," ucap Presiden dan CEO Asosiasi Hotel New York City, Vijay Dandapani, seperti dikutip AFP.

Dampak penutupan pemerintah semakin terasa ketika ratusan pegawai federal mengantre demi mendapatkan makanan gratis di gera-gerai makanan di sejumlah kota, seperti di Pennsylvania Avenue, Washington, yang tak jauh dari Gedung Putih dan Gedung Capitol.

Dikutip ABC News, antrean berliku-liku terlihat di depan gerai-gerai makanan yang menyajikan makanan gratis seperti sandwich, steak panggang, falafel quinoa, hingga berbagai sayuran dan sup.

Dengan kartu identitas federal, para PNS bisa mendapatkan makanan gratis sejak pukul 11.00 hingga 18.00 waktu lokal, salah satunya di kedai milik seorang koki, Jose Andres.

Kedai tersebut mengatakan telah menyajikan setidaknya 4.400 piring makanan di hari pertama mereka menyediakan sajian gratis pada Rabu pekan ini. Jumlah itu meningkat di hari kedua menjadi 5.558 piring.


"Dan kami akan terus menyajikan makanan gratis sampai penutupan pemerintah berakhir," kata Andres.

Presiden AS Donald Trump berkeras melanjutkan penutupan pemerintah lantaran Kongres tak juga menyetujui proposal anggaran pembangunan tembok perbatasan AS dengan Meksiko yang digagasnya.

Penutupan pemerintah atau government shutdown ini menjadi yang terlama dalam sejarah Negeri Paman Sam. Kondisi ini terjadi ketika pemerintah AS dan Kongres gagal menyepakati anggaran negara yang akan dicairkan.

Akibatnya, pemerintah berhenti menyediakan sejumlah layanan publik sehingga para pegawai negeri sipil terpaksa cuti tanpa digaji.

Sekitar 800 ribu pegawai negeri terkena imbas penutupan pemerintah kali ini dan terpaksa menganggur tanpa upah sampai pemerintah mengucurkan anggaran.

Upah bagi pegawai honorer juga tidak cair saat pemerintahan tutup, padahal mereka tetap harus membayar sejumlah tagihan.

Subsidi bagi warga miskin juga terhenti selama penutupan pemerintah, bersamaan dengan terhentinya semua aktivitas yang dikelola pemerintah, kecuali layanan publik utama seperti kesehatan, keamanan dan pertahanan. (rds/stu)