Mantan Agen CIA Inspirasi Film 'Argo' Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 08:56 WIB
Mantan Agen CIA Inspirasi Film 'Argo' Meninggal Dunia Tony Mendez, mantan agen CIA yang kisahnya diabadikan dalam film pemenang Oscar, Argo, meninggal dunia di usia 78 tahun setelah berjuang melawan Parkinson. (Leigh Vogel/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tony Mendez, mantan agen Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) yang kisahnya diabadikan dalam film terbaik Oscar, Argo, meninggal dunia di usia 78 tahun setelah berjuang melawan penyakit Parkinson.

Agen Mendez, Christy Fletcher, mengonfirmasi bahwa kliennya mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (19/1) dan akan dikebumikan di Nevada.

"Hal terakhir yang ia lakukan bersama istrinya, Jonna Mendez, adalah membawa buku terbarunya ke penerbit dan ia meninggal dengan perasaan puas sudah selesai menulis kisah yang ia ingin sampaikan," demikian pernyataan keluarga Mendez.




Mendez dikenal sebagai orang yang suka menuangkan gagasan dan ceritanya dalam bentuk tulisan.

Gagasan paling terkenalnya adalah ketika ia menyusun rencana untuk membebaskan enam diplomat yang terperangkap di Iran pada 1979.

Ketika para pejuang revolusi Iran mengambil alih Kedutaan Besar AS di Teheran, para diplomat itu berhasil kabur melalui pintu belakang dan bersembunyi di kantor kedubes Kanada.
Sementara itu, 52 diplomat AS lainnya yang tertangkap di dalam kedubes dibunuh dengan cara keji. Nyawa para diplomat yang berhasil kabur pun terancam jika milisi Iran mengetahui keberadaan mereka.

Di tengah kepanikan ini, Mendez muncul dengan satu gagasan unik yang sempat ditolak mentah-mentah oleh CIA.

Ia mengusulkan pembuatan film palsu bertajuk Argo. Mendez menyamar sebagai kru film asal Kanada yang mengecek lokasi bersama enam rekannya. Keenam rekan itu sebenarnya adalah para diplomat.
Mereka akhirnya berhasil keluar dari Iran menggunakan paspor Kanada palsu pada 27 Januari 1980.

Menteri Luar Negeri AS yang juga mantan bos CIA, Mike Pompeo, menggambarkan Mendez sebagai "seorang petugas intelijen yang bertalenta" dan "pahlawan Amerika yang sejati."

Aktor yang memerankan Mendez dalam film Argo, Ben Affleck, menyebut agen CIA itu sebagai "pria dengan kebaikan, rahmat, kesopanan, dan kerendahan hati yang luar biasa."

"Saya sangat bangga dapat bekerja untuknya dan dapat mengisahkan salah satu ceritanya," tulis Affleck melalui akun Twitter pribadinya.

(has/has)