Qatar Sumbang Rp71,2 Miliar buat Korban Gempa Lombok dan Palu

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 12:03 WIB
Qatar Sumbang Rp71,2 Miliar buat Korban Gempa Lombok dan Palu Ilustrasi korban gempa Palu. (Reuters/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Qatar mengucurkan dana US$5 juta atau setara Rp71,2 miliar untuk membantu korban gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah.

"Qatar memberikan donasi ke Pemerintah Indonesia untuk mendukung korban dua gempa bumi di Lombok dan Sulawesi yang berdampak pada 150 ribu orang dan menewaskan 2.000 orang," demikian pernyataan pemerintah Qatar.
Melalui siaran pers pada Senin (21/1), Qatar menyatakan bahwa dana tersebut diberikan untuk membantu para korban membangun kembali kehidupan mereka yang hancur karena gempa.

Mereka menjelaskan bahwa donasi ini menunjukkan kepedulian mereka terhadap Indonesia yang dilanda gempa secara berturut-turut menjelang akhir tahun lalu.


Tak lama setelah gempa 6,4 skala Richter dan 7 SR mengguncang Lombok, guncangan berkekuatan 7,4 SR melanda Sulawesi Tengah dan memicu tsunami dan merenggut total 2.000 nyawa.
Sejumlah negara asing, terutama tetangga, mengirimkan bantuan dalam berbagai bentuk. Sebelas negara sahabat, termasuk Qatar, bahkan mengerahkan total 20 pesawat untuk membantu menanggulangi situasi di Sulawesi Tengah usai gempa.

Kesebelas negara itu adalah Amerika Serikat, Australia, India, Inggris, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Singapura, Selandia Baru, Swiss. (has/has)