Serangan Rudal Israel ke Suriah Tewaskan 11 Orang

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 17:32 WIB
Serangan Rudal Israel ke Suriah Tewaskan 11 Orang Ilustrasi serangan rudal. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serangan rudal Israel terhadap belasan sasaran di Suriah sepanjang Minggu malam pekan lalu hingga Senin (21/1) menewaskan 11 milisi termasuk dua warga sipil. Hal ini semakin memanaskan hubungan kedua negara.

Militer Israel mengatakan telah menargetkan sejumlah lokasi yang diduga sebagai tempat penyimpanan rudal buatan Iran. Serangan itu dilakukan beberapa jam setelah mereka menghalau serangan roket yang ditembakkan dari wilayah Suriah.

Lembaga Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan itu merupakan serangan paling mematikan dari Israel terhadap Suriah sejak Mei tahun lalu.
"Serangan Israel terhadap pangkalan militer Iran dan Suriah di dekat selatan Damaskus menewaskan sedikitnya 11 pejuang termasuk dua warga Suriah," kata kepala Observatorium Rami Abdel Rahman, seperti dilansir AFP, Senin (21/1).


Target serangan termasuk gudang senjata milik kelompok Syiah bersenjata dari Libanon, Hizbullah dan milisi Iran.

Serangan udara dan rudal darat-ke-darat menghantam beberapa sasaran di sekitar ibukota termasuk di dekat Bandara Damaskus, serta di dekat bandara militer Thaala di selatan Damaskus.

Setelah Amerika Serikat menyatakan akan menarik seluruh pasukan mereka di Suriah, kini front peperangan mengarah ke Israel. Apalagi saat ini rezim Presiden Bashar al-Assad didukung oleh Iran, Rusia, dan Hizbullah.
Suriah dan Israel juga masih berseteru atas wilayah Dataran Tinggi Golan. Sedangkan Hizbullah, Iran dan Rusia adalah seteru Israel.

Rusia dan Iran membantu Assad dalam melawan pasukan oposisi dan kelompok milisi Kurdi. Iran mengirim pasukan Garda Revolusi, sedangkan Rusia mengerahkan jet-jet tempur serta sistem pertahanan udara, dan sejumlah tentara bayaran.

Pada Mei 2018, serangan Israel menewaskan 27 milisi pro Suriah, termasuk sebelas warga Iran dalam serangan terhadap belasan lokasi di dalam wilayah Suriah.

Israel mengatakan serangan itu sebagai respon atas serangan roket yang ditembakkan secara serentak oleh pasukan Iran ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

Lebih dari 360 ribu orang telah terbunuh dan jutaan orang terlantar atau mengungsi sejak pecah perang saudara Suriah. Pemicunya adalah penindasan brutal terhadap kelompok anti-pemerintah pada 2011.

[Gambas:Video CNN] (syf/ayp)