Polisi Papua Nugini Minta Bantuan Publik Buru Buron Perompak

CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 03:31 WIB
Polisi Papua Nugini Minta Bantuan Publik Buru Buron Perompak Ilustrasi. (Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Papua Nugini meminta publik membantu melacak keberadaan seorang bajak laut "terkenal" sebagai upaya mengakhiri serentetan perompakan di darat dan area lepas pantai.

Komisaris Kepolisian Gari Baki mengatakan para petugas di bagian timur negara itu kesulitan menangkap tersangka yang diduga bertindak sebagai kepala perompak, Tommy Baker, karena kapal patroli mereka rusak enam tahun lalu.
Baker dilaporkan melarikan diri dari Rumah Sakit Umum Port Moresby pada Oktober lalu saat sedang menjalani perawatan medis.

Sementara memburu Baker, polisi mengerahkan satu regu ke Kota Alotau untuk membantu aparat setempat melawan pembajakan.


Baki mengatakan bahwa bantuan ini sangat diperlukan melihat "fakta bahwa kepolisian tidak memiliki kemampuan untuk mengatasinya."
Sementara itu, surat kabar Post Courier melaporkan tujuh rumah polisi di kota dibakar dan beberapa petugas terluka dalam baku tembak melawan komplotan Baker. Para perompak itu juga dikabarkan menyerang pusat perbelanjaan dan membobol ATM.

"Banyak yang dilakukan polisi untuk menangkapnya, tetapi dia dapat dengan mudah mengeluarkan diri dari penjara sehingga saat ini kami harus mengeluarkan banyak uang untuk mengembalikannya ke penjara," kata Baki. (syf/has)