Panjat Menara Tertinggi Manila, 'Spider Man' Prancis Dibekuk

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 19:45 WIB
Panjat Menara Tertinggi Manila, 'Spider Man' Prancis Dibekuk Ilustrasi pemanjat bebas asal Prancis, Alain Robert. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pemanjat bebas asal Prancis, Alain Robert, ditangkap aparat kepolisian Ibu Kota Filipina, Manila setelah berupaya memanjat salah satu menara tertinggi di kota itu. Aksi itu dilakukan Alain pada Selasa (29/1).

Pria yang dikenal dengan julukan 'Spider Man Prancis' itu memanjat gedung Menara GT setinggi 47 lantai tanpa peralatan keselamatan, membuat jejeran penonton di depan menara takjub dan bergidik.

Selesai memanjat menara, lelaki berusia 56 tahun itu mengungkapkan kepada wartawan dia memang gemar melakoni kegiatan yang memacu adrenalin.
"Ini jalan saya, ini cara hidup saya. Melakukan ini sama pentingnya dengan makan dan tidur. Melakukan hal-hal ini membuat saya tetap hidup," kata Alain, seperti dikutip AFP.


Melihat aksi tersebut, polisi menahan Robert atas tuduhan mengganggu ketertiban umum. Kini Robert masih menunggu keputusan dari jaksa penuntut untuk membayar jaminan.

Robert telah memanjat seratus bangunan tanpa bantuan tali atau peralatan keselamatan lainnya, termasuk Menara Eiffel di Prancis, Gedung Opera Sydney di Sydney, Menara Kembar Petronas di Malaysia, sampai Burj Khalifa di Dubai. Dia juga pernah beraksi memanjat Menara Bakrie di Indonesia.
Menurut Guinness World Records, ia telah meraih rekor mendaki gedung terbanyak tanpa bantuan.

Sebelumnya aksi Robert memanjat gedung pencakar langit di Seoul, Korea Selatan, juga sempat menuai protes dari pihak berwajib.

Ketika sedang memanjat Menara Lotte World 123, Robert dihentikan di tengah pendakiannya oleh aparat keamanan. Ia juga telah ditangkap beberapa kali atas tuduhan eksploitasi.
Dalam rentetan aksi berbahaya yang ia lakukan, Robert telah beberapa kali mengalami kecelakaan parah, yang diperkirakan bisa membuat tubuhnya lumpuh. (fey/ayp)