AS Kembalikan Pencari Suaka Pertama ke Meksiko

CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 06:49 WIB
AS Kembalikan Pencari Suaka Pertama ke Meksiko Ilustrasi. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat mengembalikan pencari suaka dari Amerika Tengah ke Meksiko agar menunggu proses di negara tersebut, Selasa (29/1).

Seorang juru bicara Kementerian Keamanan Dalam Negeri mengonfirmasi bahwa pencari suaka yang dikembalikan ke Meksiko pada Selasa adalah seorang warga Honduras, Carlos Gomez.

Gomez tiba di Meksiko untuk melanjutkan perjalanan ke AS pada tahun lalu. Ia sempat tinggal di AS selama menunggu proses pengajuan suaka.
Namun, pemerintah AS di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump memberlakukan aturan baru, Protokol Perlindungan Migran (MPP), yang memungkinkan pengembalian pencari suaka non-Meksiko untuk menunggu proses suaka di Meksiko.


Gomez sendiri sudah mendapatkan visa kemanusiaan untuk menunggu proses suakanya di Meksiko hingga akhir November mendatang.

Nantinya, Gomez akan menerima surat undangan hadir ke persidangan jika permintaan suaka sudah masuk tahap pertimbangan pengadilan imigrasi.

Selama proses pengadilan, Gomez harus tinggal di Meksiko. Jika kasus Gomez kalah di pengadilan, ia akan dipulangkan ke negara asal.
Sebagaimana dilansir Reuters, para pencari suaka dari negara-negara Amerika Tengah biasanya mendapatkan izin untuk tinggal di AS selama permintaan suaka mereka diproses.

Regulasi ini diberlakukan karena gelombang pencari suaka dari negara-negara Amerika Tengah, seperti Honduras dan Guatemala, semakin besar dalam beberapa tahun belakangan.

Berdasarkan data keimigrasian AS, sekitar 93 ribu orang mengajukan suaka di perbatasan selatan, meningkat 67 persen dari tahun 2017. (has/has)