Anggota DPR Mesir Usul Kepresidenan Sisi Diperpanjang

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 02:59 WIB
Anggota DPR Mesir Usul Kepresidenan Sisi Diperpanjang Abdel Fattah al-Sisi akan diperpanjang masa pemerintahannya andai amendemen konsitusi resmi Mesir dilakukan. (The Egyptian Presidency/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah anggota dewan legislatif Mesir mengupayakan agar masa kepresidenan Abdel Fattah al-Sisi bisa diperpanjang setelah 2022.

Untuk melakoni tersebut, mereka pun mempersiapkan amendemen konstitusi agar apa yang diinginkan tersebut bisa terjadi. Proposal amendemen konstitusi itu dimasukkan secara resmi oleh Ketua DPR Mesir, Ali Abel Aal.


Dalam amendemen itu mereka ingin masa jabatan yang saat ini boleh dua kali untuk masa kepresidenan empat tahun menjadi dua kali untuk masa kepresidenan enam tahun.


Jika amendemen itu sukses dilakukaan, militer akan berkuasa di puncak pemerintahan Mesir bisa sampai 2034 mendatang.

Mengutip dari AFP, proposal amendemen yang disampaikan Abdel Aal setelah didukung seperlima dari anggota dewan yakni 120 dari total 596 kursi perwakilan di DPR Mesir.

Jean Talaat, salah satu pendukung Sisi mengatakan hal lain yang diusulkan untuk diamendemen adalah mengembalikan fungsi legislatif menjadi sistem parlemen bikameral.

Sistem bikameral sendiri merupakan salah satu yang dihapus setelah Husni Mubarak berhasil dijatuhkan dari kursi kepresidenan pada 2011 silam.

Sisi, mantan panglima militer, kali pertama terpilih sebagai Presiden pada 2014 silam setelah Muhammad Mursi digulingkan dari kursi kepresidenan.

(AFP/kid)