Menkeu AS Sebut Pembicaraan Dagang dengan China Berjalan Baik

CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 02:12 WIB
Menkeu AS Sebut Pembicaraan Dagang dengan China Berjalan Baik Ilustrasi (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan pembicaraan perdagangan dengan China, Rabu (13/2) berjalan baik. Menurutnya, dua negara ekonomi terbesar di dunia itu berusaha untuk membuat kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

"Sejauh ini berjalan baik," jelasnya ketika ditanyai wartawan soal perkembangan pertemuan di Beijing yang ia hadiri. Namun, ia tidak mengungkap siapa tokoh yang ditemuinya disana.

Ketika ditanya wartawan selepas meninggalkan hotel di Beijing, Mnuchin hanya menyebut telah melakukan, "pertemuan produktif," tanpa memberi keterangan lebih lanjut.


Mnuchin, bersama dengan Perwakilan Dagang AS (USTR) Robert Lighthizer, tiba di ibukota Cina pada hari Selasa (12/2). Sebelumnya, Mnuchin berharap bisa melakukan pertemuan perdagangan yang produktif. Sebab, kedua negara tengah mencari cara untuk mengakhiri perang dagang yang membuat kedua pihak berdarah-darah.

AS berencana untuk kembali menaikkan tarif impor China menjadi 25 persen dari sebelumnya 10 persen. Kenaikan tarif impor China senilai US$200 juta pertahun itu rencananya akan diberlakukan pada 1 Maret mendatang.

Jelang pertemuan, Trump menyebut akan mempertimbangkan untuk mengundurkan jadwal pemberlakuan kenaikan tarif impor China itu jika pertemuan berlangsung produktif.

Pembicaraan di Beijing yang dimulai pada Senin (11/2) dilakukan oleh kalangan pejabat tingkat wakil. Mereka berdiskusi untuk mencoba menyelidiki rincian teknis dan mekanisme untuk menegakkan perjanjian perdagangan.

Selanjutnya, Mnuchin dan Lighthizer dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Wakil Perdana Menteri Liu He, penasihat ekonomi utama Xi, pada hari Kamis dan Jumat. (eks/eks)