Ulang Tahun Ayah Kim Jong-un Dirayakan Sejak Pagi Buta

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 13:19 WIB
Ulang Tahun Ayah Kim Jong-un Dirayakan Sejak Pagi Buta Patung Kim Il Sung dan Kim Jong Il yang menjadi patung penghormatan wajib bagi penduduk Korea Utara. (Ed JONES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak fajar menyingsing pada Sabtu (16/2), ribuan penduduk Korea Utara sudah rapi berbaris dalam suhu -8 derajat Celcius untuk memberi penghormatan di hadapan patung mendiang Kim Jong Il pada hari ulang tahunnya yang dirayakan sebagai Hari Bintang Cemerlang.

Kim, putra pendiri Korea Utara, Kim Il Sung dan ayah pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong-un, lahir pada 16 Februari.

Menurut ortodoksi Pyongyang, ia lahir ke dunia pada tahun 1942, di sebuah gubuk bersalju di sebuah kamp rahasia di lereng Gunung Paektu, tempat kelahiran spiritual rakyat Korea, tempat ayahnya berperang menduduki pasukan Jepang.


Sebaliknya, para sejarawan luar menunjuk pada catatan resmi Soviet, yang mengatakan ia dilahirkan setahun sebelumnya di desa Siberia, tempat Kim Il Sung berada di pengasingan.

Meski banyak versi, namun hari lahirnya dirayakan sebagai penghormatan garis keturunan Paektu, yang mengalir dalam keluarga Kim yang telah memerintah selama tiga generasi itu.

Disebut sebagai Hari Bintang Cemerlang, acara ini dirayakan dengan pameran seluncur es, pertunjukan bunga, dan segala acara berbentuk puji-pujian sebagai berita utama di media.

Seorang pengemudi bernama Kim Chol Jun (42) membawa kedua putranya ke Bukit Mansu, untuk melakukan penghormatan di depan patung raksasa dari dua Kim berdiri gagah.

Penduduk Korea Utara memang sudah terbiasa memuji pemimpin mereka setinggi-tingginya.

"Tidak ada putra dan putri merasa lelah ketika mereka mengunjungi orang tua mereka," katanya.

"Para pemimpin besar dianggap sebagai orang tua kita sendiri, jadi saya berkunjung ke sini untuk membungkuk di hadapan orang tua saya dengan anak-anak saya."

Sepak Terjang Kim Jong Il

Salju menyelimuti dua patung Kim di Bukit Mansu. Yang satu dihormati karena berhasil memerangi Jepang, yang satunya lagu dipuja karena menyebarkan ideologi sosialisme.

Rangkaian bunga besar dengan nama Kim Jong Un terpajang juga di sana.

Pyongyang berada di bawah berbagai sanksi internasional atas pengejaran senjata nuklir dan rudal balistik, yang Washington mendesaknya untuk menyerah. Korea Utara telah menolak tuntutan atas apa yang disebutnya pelucutan senjata "unilateral".

Secara bergantian, pengunjung yang terdiri dari perorangan, kelompok, keluarga, tentara, melakukan penghormatannya, berdoa lalu membungkuk atau memberi tanda hormat dan meninggalkan bunga di depan patung.

Kim Jong Il meninggal pada tahun 2011 dan jasadnya disimpan di sebuah istana peringatan di pinggiran Pyongyang, tetapi secara resmi ia tetap menjadi Sekretaris Jenderal abadi Partai Buruh Korea yang berkuasa.

Aktris lawas Korea Utara, Ri Cho Ok (77), langsung emosional ketika ditanya tentang almarhum pemimpin, suaranya bergetar ketika dia menggambarkan betapa dia sangat merindukannya.

Kim Jong Il juga seorang sutradara film dan bioskop terkenal, sampai-sampai dia melakukan penculikan terhadap seorang sutradara dan aktris Korea Selatan terkenal sehingga mereka dapat mengembangkan industri sinema Korea Utara.

Pyongyang mengatakan bahwa masa tinggal mereka selama delapan tahun bersifat sukarela.

"Jenderal besar itu mengajari saya selangkah demi selangkah ketika saya menjadi seorang aktris," kata Ri, "dan memberi saya banyak tugas dan penghargaan."

Tetapi, dia menambahkan, "rasanya seperti saya menerima semua penghargaan di dunia ketika saya bertemu dengannya".

[Gambas:Video CNN]

(ard)