Trump Yakin Menang Hadapi Tuntutan soal Tembok Meksiko

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 09:30 WIB
Trump Yakin Menang Hadapi Tuntutan soal Tembok Meksiko Donald Trump yakin akan menang menghadapi tuntutan soal darurat nasional yang dideklarasikan sang presiden demi mendapatkan dana pembangunan tembok Meksiko. (Reuters/Jim Young)
Jakarta, CNN Indonesia -- Donald Trump yakin akan menang menghadapi tuntutan dari 16 negara bagian Amerika Serikat terkait darurat nasional yang dideklarasikan sang presiden demi mendapatkan dana untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

"Saya pikir, pada akhirnya, kami akan sangat sukses menghadapi tuntutan itu. Ini adalah kasus yang dibuka dan langsung akan tertutup," ujar Trump sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (19/2).

Tuntutan itu diajukan oleh 16 negara bagian, termasuk California dan New York. Mereka menganggap pemerintahan Trump mengambil uang dari para pembayar pajak yang seharusnya dapat digunakan untuk membangun wilayahnya.


Keenam belas negara bagian yang menyebut diri sebagai Serikat Pembebasan Sipil Amerika itu menuding "Trump mengabaikan kehendak Kongres dengan deklarasi darurat ini."
Trump mendeklarasikan situasi darurat nasional di sepanjang perbatasan dengan Meksiko ini pada pekan lalu, setelah ia kecewa melihat draf kesepakatan anggaran antara dua kubu di Kongres untuk membiayai tembok perbatasan ini.

Draf itu hanya menyediakan US$1,375 miliar untuk tembok perbatasan, jauh dari jumlah yang diminta Trump, yakni US$5,7 miliar atau setara dengan Rp80,5 triliun. 

Sementara itu, Kongres harus segera menyepakati anggaran untuk menghindari penutupan pemerintahan yang jatuh tempo pada 15 Februari lalu.

[Gambas:Video CNN]

Trump pun terpaksa menyepakati anggaran tersebut, tapi tetap ingin mendapatkan dana lebih besar untuk membangun tembok yang ia sebut sangat penting demi membendung arus imigran ilegal ke AS.

Dengan deklarasi darurat tersebut, pemerintah dapat memanfaatkan anggaran militer dan dana negara lainnya untuk membangun tembok pembatas di sepanjang perbatasan dengan Meksiko yang situasinya dianggap sudah darurat. (has/has)