Aktivis Tutup Jalan Protes Sidang Tokoh Separatis Catalonia

CNN Indonesia | Kamis, 21/02/2019 20:49 WIB
Aktivis Tutup Jalan Protes Sidang Tokoh Separatis Catalonia Ilustrasi pengunjuk rasa pro kemerdekaan Catalonia. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pegiat yang mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol memblokir sejumlah jalan di kota itu pada Kamis (21/2) dini hari waktu setempat. Hal itu sebagai bentuk protes lanjutan persidangan para pemimpin separatis yang dimulai di Ibu Kota Madrid, setelah mereka gagal memisahkan diri pada 2017.

Seperti dilansir AFP, Petugas Dinas Perhubungan Spanyol di wilayah timur laut mengatakan para aktivis telah memblokade sekitar 20 jalan. Termasuk jalan raya A7 yang menghubungkan Spanyol dengan Prancis, jalan A2 antara Madrid dan Barcelona, dan titik masuk utama ke kota Mediterania.
Aktivis juga memblokir jalur ganda kereta api dengan menduduki rel.

Aksi itu untuk memprotes proses persidangan terhadap 12 pemimpin separatis yang dimulai pada pekan lalu di Mahkamah Agung Spanyol.


Asosiasi pengusaha Catalonia mengecam aksi itu yang dianggap politis.

Ke-12 pemimpin separatis dan aktivis Catalonia, yang sembilan di antaranya dituduh melakukan pemberontakan, dimulai pada 12 Februari.
Mereka diadili karena mendorong referendum kemerdekaan pada Oktober 2017 yang tidak mengindahkan perintah larangan dari pengadilan, serta atas deklarasi kemerdekaan pada 27 Oktober.

Mantan presiden Catalonia, Carles Puigdemont, yang melarikan diri ke Belgia tak lama setelah itu, tidak termasuk di antara para terdakwa karena sistem hukum Spanyol tidak mengadili orang dalam ketidakhadiran (in absentia).

[Gambas:Video CNN] (syf/ayp)