Trump dan Kim Jong-un Akan Bicara Empat Mata di KTT Vietnam

CNN Indonesia | Jumat, 22/02/2019 09:30 WIB
Trump dan Kim Jong-un Akan Bicara Empat Mata di KTT Vietnam Donald Trump dan Kim Jong-un akan berbicara empat mata dalam pertemuan tingkat tinggi kedua AS dan Korut di Vietnam pada 27-28 Februari mendatang. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un akan berbicara empat mata dalam pertemuan tingkat tinggi kedua Amerika Serikat dan Korea Utara di Vietnam pada 27-28 Februari mendatang.

Seorang pejabat AS mengatakan bahwa format KTT di Hanoi tersebut "mirip dengan yang dilakukan di Singapura pada Juni lalu. Akan ada kesempatan kedua pemimpin bertemu empat mata" sebelum melanjutkan pertemuan bersama tim.

Utusan khusus AS untuk Pyongyang, Stephen Biegun, kini sudah berada di Hanoi dan akan melakukan pertemuan dengan rekannya dari Korut, Kim Hyok-chol, guna membicarakan persiapan akhir KTT tersebut.
Hingga saat ini, belum diketahui rincian topik yang akan dibicarakan dalam pertemuan tatap muka tersebut.


Namun, sebelumnya Trump kembali memuji Kim. Meski demikian, ia tetap menekankan bahwa Kim harus menunjukkan langkah "berarti" terkait perlucutan senjata nuklir jika ingin AS mencabut sanksi atas negaranya.

Trump terus berada di dalam tekanan sejak pertemuan perdananya dengan Kim Jong-un di Singapura pada Juni 2018 lalu.

Dalam pertemuan itu, Trump dan Kim menghasilkan satu dokumen bersama terkait denuklirisasi di Semenanjung Korea.

[Gambas:Video CNN]

Namun, banyak pihak menganggap dokumen itu tidak cukup jelas mengukur sejauh mana denuklirisasi harus dilakukan secara teknis.

Selain itu, AS-Korut juga masih berselisih paham terkait proses denuklirisasi. AS berkeras tetap menjatuhkan sanksi terhadap Korut sampai negara itu benar-benar melucuti senjata nuklirnya.

Di sisi lain, Korut ingin AS mencabut sanksi seiring negaranya melakukan proses denuklirisasi. (has/has)