Jelang Kedatangan Kim Jong-un, Stasiun KA Vietnam Disterilkan

CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 18:02 WIB
Jelang Kedatangan Kim Jong-un, Stasiun KA Vietnam Disterilkan Ilustrasi jalur kereta China-Vietnam. (REUTERS/Kham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu stasiun kereta api Vietnam yang terletak di dekat perbatasan dengan China mulai disterilkan aparat keamanan menjelang kedatangan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, Senin (25/2).

Selain akses untuk publik ditutup, Stasiun Dong Dang juga telah dijaga oleh pasukan keamanan bersenjata lengkap sejak Senin pagi waktu setempat.

"(Stasiun) ditutup, tidak dibuka untuk umum. Kami tidak tahu sampai kapan stasiun ini ditutup," ucap seorang penjaga stasiun kepada AFP.


Sumber pejabat Vietnam mengatakan Kim Jong-un kemungkinan tiba di Stasiun Dong Dang sekitar Selasa (26/7) pagi, setelah menempuh jarak sejauh 4.000 kilometer perjalanan dari Pyongyang selama dua setengah hari.
Saat ini, rombongan kereta Kim Jong-un dikabarkan telah melewati Beijing dan tengah menuju ke selatan China.

Salah satu situs berita berbahasa mandarin yang berbasis di Hong Kong, Ifeng, mengunggah sebuah video di Weibo yang memperlihatkan rombongan kereta khusus Kim Jong-un tengah melewati Wuhan, Provinsi Hubei sekitar Senin pagi pukul 07.15 waktu lokal.

Sementara itu, setibanya di Stasiun Dong Dang, rombongan Kim Jong-un diperkirakan akan bertolak ke Hanoi menggunakan kendaraan.

Seluruh jalan yang akan dilewati rombongan Kim Jong-un sepanjang 170 kilometer menuju Hanoi itu juga akan ditutup sepenuhnya untuk publik pada Selasa pagi sekitar pukul 06.00 hingga 14.00 waktu lokal.
Selain menghadiri pertemuan tinggi dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada 27-28 Februari mendatang, Kim Jong-un dikabarkan akan melakukan kunjungan kenegaraan.

Akan tetapi belum jelas apakah pertemuan Kim Jong-un dengan petinggi Vietnam akan dilakukan sebelum atau sesudah KTT dengan Trump.

Dua sumber mengatakan selama di Vietnam Kim Jong-un akan tinggal di Hotel Melia, sebuah hotel modern di pusat kota Hanoi.

Hotel itu berjarak sekitar satu kilometer dari Kediaman Tamu Negara yang disebut bisa menjadi lokasi pertemuan Kim Jong-un dan Trump.
Seorang staf mengatakan hotel tersebut juga telah penuh dipesan sampai awal Maret mendatang meski tak menyebutkan tamu VIP yang menginap di sana.

Selama di Vietnam, Kim Jong-un juga dijadwalkan akan mengunjungi zona industri di Provinsi Quang Ninh dan Bac Ninh.

[Gambas:Video CNN] (rds/ayp)