FOTO: Ratap Warga Venezuela di Bayang Kekurangan Gizi

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 17:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Venezuela meratap karena terancam mengalami kekurangan gizi di tengah krisis berkepanjangan, sementara Presiden Nicolas Maduro menolak bantuan asing.

Warga Venezuela meratap karena mereka terancam mengalami kekurangan gizi di tengah krisis berkepanjangan di negaranya, tapi Presiden Nicolas Maduro menolak bantuan asing. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Yaneidi Guzman, contohnya, mengaku sudah kehilangan sepertiga berat badannya selama tiga tahun belakangan karena tak mampu membeli makanan di tengah keterpurukan ekonomi Venezuela. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Karena inflasi terus meningkat sementara upah bulanan tak ikut naik, warga Venezuela terpaksa mengurangi asupan vitamin dan protein dalam makanan sehari-hari mereka. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Malnutrisi pun dianggap menjadi salah satu tantangan terbesar bagi Venezuela. Di tengah krisis ini, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya berupaya mengirimkan bantuan melalui perbatasan Venezuela. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Namun, Maduro menutup perbatasan negaranya untuk menghalangi bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan itu adalah jalan masuk bagi AS untuk melakukan intervensi. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Sejak konflik kembali pecah di Venezuela pada Januari lalu, AS mendukung pihak oposisi untuk menggulingkan Maduro. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
AS pun memberikan dukungan bagi Juan Guaido, pemimpin oposisi Venezuela yang mendeklarasikan diri sebagai presiden interim di tengah demonstrasi besar-besaran anti-Maduro. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Hingga kini, Guaido masih memutar otak untuk membawa masuk bantuan-bantuan asing yang menumpuk di perbatasan negaranya. (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)