Diusir, Pers Gedung Putih Batal Sehotel dengan Kim Jong-un

CNN Indonesia | Selasa, 26/02/2019 18:58 WIB
Diusir, Pers Gedung Putih Batal Sehotel dengan Kim Jong-un Rombongan pers Gedung Putih batal sehotel dengan Kim Jong-un usai diusir ketika pemimpin Korut itu tiba di Hotel Melia menjelang pertemuan dengan Donald Trump. (Reuters/Ann Wang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rombongan pers dari Gedung Putih batal sehotel dengan Kim Jong-un setelah diusir ketika pemimpin tertinggi Korea Utara itu tiba di Hotel Melia Hanoi, Vietnam, menjelang pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Salah satu wartawan Reuters mengaku terkejut ketika tiba-tiba diusir dari lobi Hotel Mulia tersebut sesaat sebelum Kim tiba.

Seorang ahli Korut dari Sejong Institute, Cheong Seong-chang, juga bingung dengan keputusan mendadak ini.


Sebelumnya, Cheong menganggap Kim mengambil langkah brilian dengan memesan hotel yang sama dengan rombongan pers Gedung Putih.

"Dengan memperlihatkan setiap langkahnya ke kamera Amerika, Kim Jong-un mungkin mengisyaratkan bahwa dia bertekad kuat untuk meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat," kata Cheong.
Namun, beberapa menit setelah Kim tiba di stasiun perbatasan Vietnam pada Selasa (26/2), Kementerian Luar Negeri Vietnam mengumumkan Hotel Melia Hanoi tidak akan lagi menjadi lokasi pusat pers yang ditugaskan untuk meliput KTT kedua Trump dan Kim.

Dengan pemberitahuan kurang dari 24 jam, rombongan pers Gedung Putih dipindahkan ke ruang kerja gabungan yang disiapkan untuk jurnalis di Istana Persabahatan Pekerja Budaya Viet Xo, sebuah bangunan raksasa era Soviet yang berjarak beberapa blok dari Melia.

Hingga kini, belum diketahui langkah yang akan diambil bagi para wartawan yang sudah terlanjur memesan kamar di Hotel Melia Hanoi tersebut.
Hotel Melia sudah diperkirakan akan menjadi persinggahan Kim selama ia tinggal di Hanoi, sama seperti ketika Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-ho, berkunjung ke Vietnam pada November lalu.

Penasihat dekat Kim, Kim Chang Son, yang tiba di Hanoi beberapa hari lebih awal dari pemimpin Korea Utara, juga sempat terlihat memeriksa situasi di hotel tersebut.

Seorang anggota staf di hotel itu mengatakan bahwa pusat pers Gedung Putih telah disiapkan di lantai tiga. Satu lantai di bawahnya, terdapat satu ruangan besar yang telah disediakan untuk delegasi Korea Utara.

[Gambas:Video CNN]

Pengaturan ini masih berlaku hingga Kim menginjakkan kakinya di stasiun Vietnam pada Selasa (26/2).

Situasi serupa juga terjadi saat Kim dan Trump pertama kali bertemu di Singapura pada tahun lalu. Saat itu, wartawan dan tamu di hotel tempat Kim menginap diminta tak mengeluarkan ponsel dan kamera ketika pemimpin Korut itu tiba.

Beberapa tamu yang mengambil foto pemimpin Korut tersebut pun diminta untuk menghapus fotonya. (syf/has)