Kim Jong-un Janji Denuklirisasi dan Sambut Ide Perwakilan AS

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 12:25 WIB
Kim Jong-un Janji Denuklirisasi dan Sambut Ide Perwakilan AS Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menyatakan dia berkomitmen untuk melakukan proses denuklirisasi dalam pertemuan tingkat tinggi di Hanoi, Vietnam. Bahkan, dia menyatakan menerima usul pembukaan kantor perwakilan Amerika Serikat di Ibu Kota Pyongyang.

"Jika saya tidak bersedia untuk itu (denuklirisasi), tidak mungkin saya hadir di sini saat ini," kata Kim sebelum melakukan proses perundingan dengan Presiden AS Donald Trump, di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam, seperti dilansir CNN, Kamis (28/2).
Trump lantas menanggapi hal itu dengan menyatakan, "Itu jawaban bagus. Wow. Mungkin itu adalah jawaban terbaik yang pernah Anda dengar."

Awak media juga sempat menyinggung perihal ide pembukaan kantor perwakilan AS di Pyongyang. Mulanya terlihat Kim Jong-un enggan menjawab pertanyaan itu. Namun, Trump menyatakan ingin mendengar jawaban langsung dari lisan Kim Jong-un.


"Itu pertanyaan menarik, saya ingin mendengar jawaban dari pertanyaan itu. Bukan ide yang buruk," ujar Trump.

"Saya pikir itu adalah sesuatu yang bisa diterima," kata Kim Jong-un.
Dalam pertemuan bilateral itu, Trump menyatakan akan membahas banyak hal, dan bukan cuma terpatok kepada masalah pencabutan sanksi dan denuklirisasi Korea Utara. Namun, dia juga menyatakan akan membahas perihal hak asasi manusia.

Trump dan Kim Jong-un dijadwalkan melangsungkan pertemuan puncak hari ini. Dikutip The Guardian, pertemuan dimulai dengan rapat bilateral empat mata antara Kim dan Trump sekitar pukul 09.00 waktu Hanoi.

KTT keduanya lantas dilanjutkan oleh pertemuan bilateral sekitar pukul 09.45, di mana sejumlah pejabat AS dan Korut akan ikut serta dalam rapat tersebut.

Kedua pemimpin selanjutnya akan makan siang bersama di hotel tersebut pada pukul 11.55. Pertemuan dilanjutkan dengan sesi penandatangan perjanjian bersama yang direncanakan berlangsung pada pukul 14.05.

[Gambas:Video CNN]

Trump dijadwalkan meninggalkan Hotel Metropole untuk kembali ke penginapannya di Hotel JW Marriot sekitar pukul 14.40. Dia rencananya akan menggelar jumpa pers pada pukul 15.50 waktu lokal.

Trump kemungkinan besar akan langsung pulang, sedangkan Kim Jong-un dilaporkan akan berada di Vietnam hingga Sabtu mendatang. (ayp/ayp)