Kim Jong-un Sebut Pertemuannya dengan Trump bak Film Fantasi

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 14:39 WIB
Kim Jong-un Sebut Pertemuannya dengan Trump bak Film Fantasi Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menganggap pertemuan keduanya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, layaknya adegan dalam film fantasi. (Reuters/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menganggap pertemuan keduanya dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Vietnam pada Kamis (28/2) layaknya adegan dalam film fantasi.

Bermula dari perang mulut hingga saling ancam perang, hari ini, Kamis (28/2), Trump dan Kim Jong-un melangsungkan pertemuan tatap muka kedua kalinya di Hanoi, Vietnam.

"Banyak orang yang menganggap skeptis dan ragu terkait pertemuan kami," kata Kim Jong-un yang duduk di sebelah Trump mengawali pertemuan puncak mereka di Hotel Metropole Hanoi.


"Dan bagi mereka (yang meragukan), saya pikir menyaksikan kami berdua melangsungkan pertemuan yang menyenangkan seperti menonton sebuah adegan dari film fantasi."
Kedua pemimpin itu sempat bercengkerama sambil menyusuri kolam renang Hotel Metropole di sela pertemuan formal mereka.

Trump dan Kim Jong-un tampak beristirahat sejenak setelah melakukan dua sesi pertama pertemuan mereka sejak pukul 09.00 waktu lokal dan sebelum makan siang.

Berbeda dengan pertemuan sebelumnya di Singapura, Trump dan Kim Jong-un kali ini istirahat ditemani oleh penerjemah mereka meski kedua pemimpin tampak tak banyak berbicara.
Sementara itu, adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, bersama sejumlah pejabat AS lainnya, seperti Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, sesekali terlihat memantau pergerakan Trump dan Kim Jong-un dari jarak yang tidak terlalu jauh.

Kim Yo-jong, Pompeo, dan salah satu tangan kanan Kim Jong-un, Kim Yong-chol, juga terlihat sempat berbincang sebentar sambil menunggu Kim Jong-un dan Trump selesai jeda.

Cuaca mendung dan lembab hari ini mewarnai langit Hanoi. Sebelum memasuki restoran hotel, Trump dan Kim Jong-un sempat berbincang sambil menunjuk langit.
Setelah makan siang, pertemuan kedua pemimpin akan dilanjutkan dengan sesi penandatangan perjanjian bersama yang direncanakan berlangsung pada pukul 14.05.

Trump dijadwalkan meninggalkan Hotel Metropole untuk kembali ke penginapannya di Hotel JW Marriot sekitar pukul 14.40. Dia rencananya akan menggelar jumpa pers pada pukul 15.50 waktu lokal.

[Gambas:Video CNN]

Secara singkat, Trump meyakini pertemuan kedua nya kali ini akan berjalan "sangat baik" meski ia mengaku tak tergesa-gesa menyepakati perjanjian dengan Kim Jong-un.

Sementara itu, Kim Jong-un mengatakan dirinya tidak mungkin berada di Hanoi jika tidak siap melakukan proses denuklirisasi.

"Jika saya tidak bersedia untuk itu (denuklirisasi), tidak mungkin saya hadir di sini saat ini," kata Kim Jong-un. (rds/has)