AS Belum Pastikan KTT Ketiga dengan Korut

CNN Indonesia | Kamis, 28/02/2019 16:01 WIB
AS Belum Pastikan KTT Ketiga dengan Korut Pertemuan kedua antara Presiden AS, Donald Trump dan Pemimpin Korut, Kim Jong Un. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyatakan belum bisa memastikan apakah akan kembali duduk dalam meja perundingan dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. Sebab, agenda yang belum tercapai selain proses denuklirisasi dan pencabutan sanksi adalah perdamaian antara Korea Selatan dan Utara.

"Saya belum bisa memastikan apakah kami akan kembali bertemu di masa mendatang untuk membuat kesepakatan dengan Korea Utara. Saat ini hal itu (perdamaian Korea Selatan dan Utara) tidak bisa kami lakukan karena keterbatasan," kata Trump dalam jumpa pers selepas perundingan dengan Kim Jong-un, di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2).
Akan tetapi, Trump menjanjikan proses perdamaian di Semenanjung Korea akan terus diupayakan. Namun, Trump menyatakan mereka tetap berharap Kim Jong-un menepati janjinya untuk tidak melakukan uji nuklir.

"Kita lihat jika itu bisa terjadi, itu bisa terjadi," kata Trump.


Dalam pertemuan hari ini Trump menyatakan tidak mencapai kesepakatan apapun dengan Kim Jong-un. Menurut dia, kedua belah pihak mempertahankan argumen masing-masing dalam proses perundingan.

Trump mengklaim Kim menginginkan seluruh sanksi yang diterapkan kepada mereka dicabut. Namun, Trump menyatakan Kim tidak bersedia memenuhi permintaan mereka untuk menutup lebih banyak fasilitas pengayaan uranium dan reaktor nuklir.
"Saya bisa saja menandatangani kesepakatan hari ini. Tapi lebih baik untuk melakukan itu dengan benar daripada tergesa," ujar Trump. (ayp/ayp)