Taliban Serang Kamp Pasukan Afghanistan, 23 Tewas

CNN Indonesia | Sabtu, 02/03/2019 21:11 WIB
Taliban Serang Kamp Pasukan Afghanistan, 23 Tewas Ilustrasi serangan Taliban di Afghanistan. (REUTERS/Mustafa Andaleb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok Taliban dilaporkan kembali menyerang kamp pasukan Afghanistan, hingga menelan korban jiwa hingga 23 orang. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang kelangsungan perundingan damai untuk menentukan masa depan negara itu.

Seperti dilaporkan Associated Press, Sabtu (2/3), serangan itu terjadi di Distrik Washer, Provinsi Helmand, pada Jumat malam waktu setempat.
Menurut juru bicara Provinsi Helmand, Omar Zwak, insiden itu menelan 23 korban jiwa. Sedangkan 16 tentara Afghanistan luka-luka akibat serangan itu.

Zwak mengatakan serangan dimulai dengan bom bunuh diri di kamp pasukan Afghanistan di daerah Shorab. Kemudian tiga anggota Taliban turut meledakkan diri disusul dengan serangan bersenjata.


Kontak tembak antara Taliban dan pasukan Afghanistan terjadi hingga 17 jam. Dalam kejadian itu, 16 anggota Taliban meninggal.
Menurut juru bicara Taliban, Qari Yusouf Ahmadi, mereka memang bertanggung jawab atas serangan itu. Dia juga adalah orang yang menjadi salah satu juru runding dengan Amerika Serikat di Qatar.

Perundingan antara Taliban dan AS saat ini berjalan lambat. Taliban menyatakan enggan berada satu meja dengan pemerintah Afghanistan karena mereka tidak mengakuinya.

Taliban menyatakan hanya mau berunding dengan AS, karena mereka menganggap masih sebagai pemerintah Republik Islam Afghanistan yang sah sebelum Negeri Paman Sam menyerbu pada 2001 silam.
Perundingan itu sempat digelar di Rusia dan Qatar. Namun, hingga saat ini belum ada perkembangan yang signifikan. (ayp/ayp)