Malaysia Siap Buka Kembali Pencarian Pesawat MH370

CNN Indonesia | Minggu, 03/03/2019 16:08 WIB
Malaysia Siap Buka Kembali Pencarian Pesawat MH370 Ilustrasi. (Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang lima tahun lalu. Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan pencarian pesawat akan dilanjutkan kembali jika perusahaan pencari pesawat Ocean Infinity mengajukan proposal dan mendapatkan petunjuk yang bisa dipercaya.

"Jika ada petunjuk yang kredibel atau proposal spesifik ... kami bersedia dan kami siap untuk mendiskusikan dengan mereka proposal baru tersebut," kata Loke kepada media dalam acara peringatan lima tahun hilangnya MH370, di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (3/3), seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Loke, Ocean Infinity telah menunjukkan minatnya untuk kembali mencari MH370 dengan teknologi yang baru dikembangkan tahun lalu. Namun, hingga saat ini mereka belum mengajukan proposal baru.


"Jika mereka dapat meyakinkan kami bahwa teknologi baru dapat lebih efisien dalam pencarian, maka kami bersedia untuk memulai kembali," ucap Loke.


Loke juga mengatakan Malaysia akan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mencari MH370 itu berdasarkan perjanjian 'no-cure, no fee'. Perjanjian itu menyatakan perusahaan hanya akan dibayar jika menemukan pesawat.

Malaysia telah menawarkan US$70 juta atau Rp988 miliar pada 2018 lalu. Reuters sudah mencoba menghubungi Ocean Infinity, tapi belum mendapatkan respons.

Pesawat MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing, China hilang pada 8 Maret 2014 lalu. Pesawat tersebut membawa 239 orang.

Malaysia dan China serta Australia  sebenarnya berencana melakukan pencarian bawa laut si Samudera Hindia selatan. Tapi,  pada Januari 2017 mereka membatalkan rencana pencarian bawah laut yang diperkirakan bakal menelan dana US$141,6 juta tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Pembatalan dilakukan setelah mereka tidak menemukan tanda-tanda jejak pesawat di kawasan tersebut. Setelah pembatalan tersebut, pencarian berikutnya kembali dilakukan dengan dipimpin oleh Infinity Ocean.

Pencarian tersebut berakhir pada Mei 2018. Pencarian tiga bulan kedua, dipimpin oleh perusahaan eksplorasi AS Infinity Ocean, berakhir sama pada Mei tahun lalu.

Dalam pencarian itu, lebih dari 30 kepingan hanyut di sepanjang garis pantai Samudera Hindia ditemukan. Namun, hanya tiga bagian yang dipastikan berasal dari MH370. Dua dari potongan itu dipajang dalam acara peringatan lima tahun MH370.

(Reuters/agt)