Eks Pengacara Tuntut Perusahaan Trump karena Tak Bayar Honor

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 06:39 WIB
Eks Pengacara Tuntut Perusahaan Trump karena Tak Bayar Honor Eks pengacara Presiden Donald Trump, Michael Cohen, menuntut Trump Organization karena tak bayar honor dan mengganti uang yang ia gunakan untuk keperluan kerja. (Reuters/Jeenah Moon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Michael Cohen, mantan pengacara Presiden Amerika SerikatDonald Trump, menuntut Trump Organization karena memungkiri kewajiban untuk membayar honor dan mengganti uang yang ia gunakan untuk keperluan pekerjaannya.

Melalui surat aduan ke pengadilan tinggi New York, Kamis (7/3), Cohen mengatakan bahwa Trump Organization berhenti memberikan honor sejak Mei lalu, setelah ia mulai menunjukkan gelagat akan bekerja sama dalam rangkaian penyelidikan federal.

Ia menyatakan bahwa rangkaian penyelidikan itu termasuk yang digelar oleh jaksa khusus, Robert Mueller, terkait dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 demi kemenangan Trump.


Cohen mengatakan bahwa Trump Organization berutang setidaknya US$3,8 juta. Dari keseluruhan uang tersebut, US$1,9 juta di antaranya merupakan utang honor yang seharusnya dibayarkan kepadanya.
Ia juga menyebut perusahaan itu tak memenuhi kesepakatan untuk mengganti uangnya yang digunakan dalam sejumlah kesepakatan hukum. Total uang ganti rugi itu mencapai US$1,9 juta.

Merujuk pada surat aduan tersebut, Cohen dan Trump Organization menyetujui kesepakatan ganti uang ketika mereka melancarkan upaya "pertahanan bersama" dalam sejumlah penyelidikan.

Menurut Cohen, ia menggunakan uang pribadi untuk menyewa setidaknya tujuh perusahaan jasa hukum untuk menyelesaikan kasus Trump.
Salah satu kasus tersebut adalah untuk mengurus tuntutan yang diajukan bintang porno Stormy Daniels.

Penyandang nama lahir Stephanie Clifford itu mengajukan tuntutan untuk membatalkan perjanjian dengan Cohen menjelang pemilu 2016 lalu.

Saat itu, Daniels sepakat untuk tak membeberkan cerita hubungan gelapnya dengan Trump dengan imbalan US$130 ribu dari Cohen.

[Gambas:Video CNN]

Cohen juga merogoh kocek pribadinya untuk membayar uang tutup mulut bagi mantan model Playboy, Karen McDougal, yang mengaku sempat memiliki hubungan gelap dengan Trump.

Trump Organization tidak merespons permintaan konfirmasi dari Reuters. Namun sebelumnya, salah satu penasihat Trump, Rudolph Giuliani, sempat mengindikasikan bahwa Trump tak berutang apa pun kepada Cohen.

"Jika Anda terkena masalah karena bekerja untuk saya, uang Anda akan diganti. Jika Anda terlibat masalah karena kesalahan Anda sendiri, saya tidak bisa mengganti uang Anda," ujar Giuliani sebagaimana dikutip Reuters. (has/has)