Giliran Argentina Larang Boeing 737 MAX 8 Keluar Masuk

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 10:20 WIB
Giliran Argentina Larang Boeing 737 MAX 8 Keluar Masuk Ilustrasi. (Joe Raedle/Getty Images/AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar negara yang menutup wilayah udaranya untuk Boeing 737 MAX 8 terbang semakin panjang. Setelah Singapura, China, Thailand, India, dan Fiji, kini giliran Argentina yang melarang pesawat pabrikan Amerika Serikat (AS) tersebut keluar masuk negaranya.

Keputusan Argentina tersebut menyusul langkah serupa yang diambil oleh negara-negara lainnya setelah dua kecelakaan fatal yang melibatkan Boeing 737 MAX 8.

Yakni, kecelakaan terbang yang dialami Lion Air dan menelan korban jiwa 189 orang, dan Ethiopian Airlines yang menghilangkan 157 nyawa.


Administrasi Penerbangan Sipil Nasional Argentina (ANAC) memang belum berkomentar. Publikasi resmi akan diumumkan besok, Senin (18/3).


Mengutip Reuters, Minggu (18/3), ANAC mengusulkan untuk menghentikan sementara operasional seluruh maskapai yang menerbangkan Boeing 737 MAX 8, termasuk juga MAX 9 di seluruh wilayah udara Argentina.

"Mengusulkan menghentikan operasional Boeing 737 MAX dan MAX 9 segera di wilayah Argentina dan berakhir sampai penyelidikan kecelakaan terbaru terbit," tulis ANAC.


Pada Rabu (13/3) lalu, Pemerintah Meksiko, Panama, dan Kolombia turut menghentikan operasi pesawat Boeing 737 MAX. Sehari sebelumnya, Australia memutuskan melarang penggunaan burung besi Boeing.

[Gambas:Video CNN] (Reuters/bir)