Maha Vajiralongkorn Resmi Duduki Takhta Raja Thailand

CNN Indonesia | Sabtu, 04/05/2019 13:20 WIB
Maha Vajiralongkorn Resmi Duduki Takhta Raja Thailand Prosesi penobatan Maha Vajiralongkorn sebagai raja Thailand. (Foto: Thai TV/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn sebagai raja Thailand yang baru dilakukan pada Sabtu (4/5). Arak-arakan yang sarat akan ritual Hindu dan Buddha mewarnai prosesi penobatan raja yang lebih dikenal dengan nama Rama X.

Sehari sebelumnya Raja Rama X memberikan penghormatan kepada patung Buddha dan menyalakan lilin keberuntungan. Ritual penobatan raja telah dimulai sejak Jumat (3/5), tepat pukul 16.19, waktu yang dianggap menguntungkan menurut para ahli astrologi.

Raja Vajiralongkorn merupakan raja Thailand kesepuluh yang mengisi takhta setelah ayahnya , Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada Oktober 2016.


Proses penobatan raja diawali saat raja Rama X yang mengenakan seragam militer putih berganti mengenakan jubah putih. Setelah mengenakan jubah, wajah dan sejumlah bagian tubuh Raja Thailand kesepuluh ini dibasuh menggunakan air suci yang diambil dari seluruh penjuru Thailand.

Mengutip AFP, rangkaian upacara penobatan yang dilakukan di dalam kompleks Grand Palace ini ditandai dengan momen saat biksu Buddha memainkan pipa-pipa di dalam kuil.

Sejumlah Brahmana Hindu berambut abu-abu dilaporkan juga turut menghadiri upacara sinkretik yang menandai transformasi Rama X dari manusia biasa menjadi sosok ilahi.

Setelah merampungkan semua prosesi, raja baru Thailand ini akan duduk untuk kemudian disematkan mahkota berlapiskan emas seberat 7,3 kilogram dengan sebuah berlian asli dari India.

Suasana khidmat penobatan Raja Rama X juga disaksikan oleh warga Thailand. Ini merupakan upacara penobatan pertama bagi sebagian warga Thailand sejak 1950 ketika mendiang Bhumibol Adulyadej menduduki takhta raja.

Berbeda dengan sosok ayahnya, Rama X kurang dikenal luas oleh publik Thailand. Jika Bhumibol dikeal sebagai sosok pemersatu bangsa, maka anaknya yang berusia 66 tahun ini lebih suka menghabiskan sebagian besar waktunya di luar negeri.

Menyoal kehidupan pribadi, Vajiralongkorn juga diketahui menikah empat kali. Terakhir, ia baru menikahi Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya jelang penobatannya sebagai raja. (Reuters)