Puing Jet F-35 Jepang yang Hilang Ditemukan di Pasifik

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 04:55 WIB
Puing Jet F-35 Jepang yang Hilang Ditemukan di Pasifik Ilustrasi F-35. (Reuters/Jack Guez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puing jet F-35 milik Jepang yang hilang di Samudra Pasifik ditemukan di perairan tersebut pada Rabu (10/4). Namun, pilot pesawat itu masih belum ditemukan.

"Kamu menemukan puingnya dan mengonfirmasi bahwa itu adalah bagian dari F-35 tersebut," ujar juru bicara Pasukan Pertahanan Udara Jepang (ASDF) sebagaimana dikutip Reuters.
Menurut jubir tersebut, delapan kapal dan tujuh pesawat dikerahkan untuk mencari pesawat tersebut beserta pilotnya.

Jet itu dilaporkan menghilang dari radar ketika sedang melakukan latihan manuver rutin di jarak 135 kilometer dari Pangkalan Udara Misawa di perfektur Aomori pada Selasa (9/4) sekitar pukul 19.27.


Pesawat itu sedang memimpin tiga jet F-35 lainnya dalam latihan manuver ketika tiba-tiba awak mengirimkan sinyal "batalkan latihan" kemudian menghilang dari radar.

[Gambas:Video CNN]

Pilot pesawat itu memiliki 3.200 jam terbang, tapi baru menerbangkan F-35 selama 60 jam. Jubir ASDF mengatakan pilot itu tidak mengindikasikan bahaya apa pun sebelum menghilang dari radar.

Jubir ASDF pun memastikan pihaknya akan berkoordinasi dengan Amerika Serikat selaku produsen F-35 tersebut mengenai kecelakaan ini.

Pesawat itu merupakan jet F-35 kelima yang dikirimkan ke ASDF. Namun, pesawat itu dirakit di Jepang. Jepang masih memiliki 12 jet F-35, tapi semuanya tak dioperasikan sampai penyelidikan kecelakaan ini rampung. (has/has)