Serah Terima WNI eks Tawanan Abu Sayyaf Berlangsung Haru

CNN Indonesia | Kamis, 11/04/2019 16:24 WIB
Serah Terima WNI eks Tawanan Abu Sayyaf Berlangsung Haru Ilustrasi Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi. (CNNIndonesia/Natalia Santi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suasana haru mewarnai serah terima dua anak buah kapal asal Indonesia yang sempat ditawan kelompok Abu Sayyaf di selatan Filipina. Salah satu di antaranya meninggal karena tenggelam guna menghindari baku tembak antara pasukan Filipina dan militan itu.

Kedua ABK yang dipulangkan itu adalah Heri Ardiansyah dan mendiang Hariadin. Penyerahan dilakukan di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis (11/4).

Keluarga Heri Ardiansyah langsung berdiri menyambut dan memeluk ketika melihat Heri masuk bersama Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Suara isak tangis sempat terdengar di ruangan.


Kesedihan juga terlihat dari keluarga mendiang Hariadin yang duduk di belakang, ketika melihat Heri bertemu dengan keluarganya. Hariadin tak bisa kembali dengan selamat karena tenggelam di perairan Pulau Simisa, Provinsi Sulu, pada 5 April lalu.
"Dalam pertemuan hari ini kita bahagia karena satu keluarga kembali selamat. Hari ini juga kita berduka karena satu saudara kita meninggal dunia dalam proses pembebasan sandera," kata Retno.

Retno menyatakan pemerintah Indonesia bersama pemerintah Filipina berusaha keras membebaskan seluruh sandera agar bisa kembali ke negara masing-masing dengan selamat.

Kendati demikian, Hariadi bersama satu warga negara Malaysia yang juga menjadi sandera Abu Sayyaf tak bisa kembali dengan selamat.
"Atas nama pemerintah RI sampaikan duka cita, duka sangat dalam atas kepergian almarhum Hariadin. Mudah-mudahan keluarga ikhlas dan kuat menerima takdir ini," tutur Retno.

Dalam kesempatan itu, pihak keluarga juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah karena telah memulangkan Heri Ardiansyah dan Hariadin.

"Terima kasih pemerintah Indonesia, Presiden Jokowi, Menteri Retno, dan Pak Dubes telah membantu dalam upaya pembebasan adik kami," kata Kamalia, kakak dari Heri Ardiansyah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan keluarga mendiang Hariadin yang diwakili sang kakak, Saharudin.
"Saya kakak Hariadin bersama keluarga besar mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya yang telah mengembalikan adik tercinta kami. Saya bersama istri dan anak almarhum mengikhlaskan adik tercinta kami semoga diterima Allah SWT," kata Saharudin. (chr/ayp)