Pemungutan Suara Pemilu 2019 di UEA Dimeriahkan Bazar

CNN Indonesia | Jumat, 12/04/2019 19:03 WIB
Pemungutan Suara Pemilu 2019 di UEA Dimeriahkan Bazar Ilustrasi simulasi pemungutan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Proses pemungutan suara dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 di luar negeri juga berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (12/4). Pemungutan suara dilakukan mulai pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat.

Metode yang dipakai ada tiga, yakni kotak suara keliling dan melalui pos.
Tercatat ada 4406 WNI yang terdaftar sebagai pemilih di Abu Dhabi. Rinciannya, 2667 orang memilih menggunakan haknya di TPS, 812 orang didatangi, dan 927 orang melalui pos.

Menurut Pelaksana Fungsi Pensosbud I KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim, bagi pemilih kotak suara keliling dilakuan pada 8 sampai 11 April 2019.


"Bagi pemilih yang menggunakan pos sudah dapat mencoblos lebih awal sejak menerima surat suara yang dikirimkan oleh petugas KPPSLN sejak pertengahan Maret," ujar Ibrahim dalam keterangan resmi.
Proses pemilihan kotak suara keliling dilakukan di Kota Abu Dhabi, Al Ain, dan Ruwais. Di samping pemungutan suara, KBRI Abu Dhabi menggelar bazar kuliner khas Indonesia dan bakti sosial.

Selain itu ada juga bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Uni Emirat Arab.

Ibrahim menyatakan, bagi WNI yang sedang melancong di UEA juga bisa menggunakan hak pilih di TPS KBRI Abu Dhabi, asal membawa formulir A5 dari KPU, paspor, dan kartu tanda penduduk elektronik.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)