FOTO: Amuk Si Jago Merah di Gereja Notre-Dame

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 16/04/2019 11:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gereja Notre-Dame di Paris, Prancis terbakar pada Senin (15/4). Api menghanguskan sebagian atap serta menghancurkan kaca yang bernilai seni.

Kebakaran melanda bangunan Gereja Katedral Notre Dame di pusat kota Paris, Prancis, Senin (15/4) sore waktu setempat. (REUTERS/Philippe Wojazer)
Asap terlihat mengepul keluar dari bagian atas katedral yang dibangun pada abad pertengahan tersebut. Api menjalar di samping dua menara lonceng. (REUTERS/Charles Platiau)
Kebakaran itu terjadi menjelang perayaan Jumat Agung dan Paskah pada 19 dan 21 April mendatang. (REUTERS/Charles Platiau)
Akibat api yang cepat menjalar, atap gereja berbahan kayu yang berusia 850 tahun itu tidak berhasil diselamatkan. (REUTERS/Benoit Tessier)
Tugu di atas atap Gereja Notre-Dame akhirnya roboh karena dilalap api. (REUTERS/Benoit Tessier)
Dinas Pemadam Kebakaran Prancis sampai mengerahkan 18 unit truk pemadam dengan penyemprot tekanan tinggi menanggulangi kebakaran itu. (REUTERS/Julie Carriat)
Pemerintah Kota Paris mengerahkan sekitar 400 pemadam kebakaran dalam kejadian itu. (REUTERS/Charles Platiau)
Anggota pemadam kebakaran Prancis menyelamatkan sejumlah artefak di Gereja Notre-Dame setelah si jago merah nyaris menghancurkan seluruh bangunan. (REUTERS/Benoit Tessier)
Pemadam kebakaran menyatakan pondasi dan struktur utama Gereja Notre-Dame sampai saat ini masih aman. (REUTERS/Benoit Tessier)
Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyatakan bakal membangun kembali bangunan bersejarah yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. (REUTERS/Philippe Wojazer/Pool)
Sampai saat ini, penyelidik khusus belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran. Gereja Notre-Dame sebelum kejadian memang sedang dalam proses renovasi. (REUTERS/Benoit Tessier)
Proses penilaian tingkat kerusakan dan penyelidikan kebakaran Gereja Notre-Dame bisa memakan waktu berhar-hari. (REUTERS/Philippe Wojazer/Pool)