China Sita 2.700 Gading Gajah Selundupan

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 05:06 WIB
China Sita 2.700 Gading Gajah Selundupan Ilustrasi. (AFP Photo/Anthony Wallace)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas China dilaporkan menyita 2.748 gading gajah selundupan dengan berat total 7,5 ton dalam satu operasi besar pada bulan lalu.

Kantor Administrasi Bea Cukai China menyatakan bahwa operasi besar-besaran itu dilakukan di enam provinsi secara serentak.
"Kasus ini menunjukkan penyitaan gading gajah terbesar dalam satu kasus yang diselidiki secara independen oleh biro anti-penyelundupan Administrasi Bea Cukai dalam beberapa tahun terakhir," ujar direktur kantor tersebut, Sun Zhijie.

Sun mengatakan bahwa operasi ini berhasil menghancurkan salah satu organisasi kejahatan internasional yang sejak lama menjadi spesialis penyelundupan gading gajah.


Menurut Sun, gading-gading tersebut diselundupkan melalui laut dari negara-negara Afrika.
Setelah transit di beberapa negara, gading itu kemudian diselundupkan melewati perbatasan dengan China di balik tumpukan kayu.

Operasi ini diapresiasi oleh banyak pihak, terutama organisasi non-pemerintah yang memperhatikan kehidupan liar, seperti TRAFFIC.

TRAFFIC menyatakan bahwa operasi penyitaan dan penangkapan ini berpotensi menjadi yang terbesar kedua dalam sejarah pengungkapan penyelundupan gading di seluruh dunia. (has)