Jokowi-Ma'ruf Unggul di Pemungutan Suara Selandia Baru

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 17:27 WIB
Jokowi-Ma'ruf Unggul di Pemungutan Suara Selandia Baru Paslon nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, unggul suara berdasarkan penghitungan sementara hasil pemilihan umum 2019 yang digelar di Selandia Baru. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, unggul suara berdasarkan penghitungan sementara hasil Pemilihan Umum 2019 yang digelar di Selandia Baru.

Merujuk pada hasil akhir penghitungan suara pemilih yang mencoblos secara langsung ke tempat pemungutan suara (TPS), Jokowi-Ma'ruf unggul 196 suara di Wellington. 
Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya mendapat 30 suara di TPS Welington dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 222 orang.

"Total suara yang dihitung di TPS Welington ada 227 suara. Satu suara tidak sah," kata Ketua Kelompok Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Welington, Ronny Basista, kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (17/4).


Ronny mengatakan Jokowi-Ma'ruf juga unggul di TPS Auckland dengan perolehan 151 suara. Prabowo-Sandi hanya mendapat 39 suara di TPS tersebut. Sementara itu, jumlah suara tidak sah ada dua dari total 192 suara yang dihitung.

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, Ronny menekankan bahwa hasil penghitungan suara itu di luar suara pemilih yang menggunakan jalur pos. Ia mengatakan jumlah pemilih di Selandia Baru yang menggunakan pos ada 4.976 orang. 

"Tapi persisnya belum tahu apakah suara akan kembali atau masuk ke kami sejumlah itu," kata Ronny.

Dia menuturkan penghitungan suara via pos mungkin baru rampung dini hari waktu Selandia Baru. (rds/has)