Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul Dalam Hitung Suara di Timor Leste

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 20:18 WIB
Jokowi-Ma'ruf Amin Unggul Dalam Hitung Suara di Timor Leste Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo. (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memenangkan perolehan suara di Timor Leste. Selisih suaranya cukup lumayan dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam keterangan tertulis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 2.739 suara. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 578 suara.
Seperti dilansir Antara, Rabu (17/4), pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul 81,88 persen di Timor Leste dibandingkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Metode pemungutan suara Pemilu 2019 di Timor Leste yang dilakukan oleh PPLN Dili ada dua, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara Keliling (KSK).


Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di tujuh TPS di KBRI Dili, Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 2.276 suara, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 508 suara.
Sementara berdasarkan perolehan suara dari metode KSK, pasangan nomor urut 01 mendapat 463 suara dan pasangan nomor urut 02 mendapat 70 suara.

Selain itu, total surat suara yang tidak sah adalah sebanyak 28, yakni 5 surat suara dari metode KSK dan 23 surat suara tidak sah dari metode TPS.

Penghitungan suara hasil Pemilu 2019 yang diselenggarakan di KBRI Dili dihadiri puluhan warga negara Indonesia (WNI), termasuk Duta Besar RI untuk Timor Leste, Sahat Sitorus.

[Gambas:Video CNN]

WNI di Timor Leste mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tujuh TPS di KBRI Dili pada 13 April lalu. (Antara/ayp)