Jokowi Raup 76 Persen Suara dalam Pemilu di Thailand

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 09:35 WIB
Jokowi Raup 76 Persen Suara dalam Pemilu di Thailand Ilustrasi penghitungan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, meraup 76 persen suara dalam pemilihan umum 2019 yang digelar di Bangkok, Thailand.

Melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Rabu (17/4), Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Bangkok menyatakan bahwa Jokowi meraih 1.032 suara.
Dengan angka tersebut, Jokowi mengalahkan rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang hanya berhasil mengamankan 322 suara atau 23,8 persen.

Secara keseluruhan, ada 1.527 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Bangkok. Dari angka tersebut, 196 di antaranya menyumbangkan suara, tapi tidak sah.


Proses penghitungan suara Pemilu di Bangkok ini dilakukan serentak dengan hitung cepat di Indonesia pada Rabu kemarin.
Di Bangkok, penghitungan suara dilakukan di dua tempat pemungutan suara di Gedung Olahraga KBRI Bangkok dan dihadiri oleh seluruh staf perwakilan bersama sejumlah warga negara Indonesia.

"Sejak awal sampai akhir penghitungan suara di kedua TPS, kegiatan berlangsung dengan lancar, damai, aman, dan tertib, tanpa ada kendala apa pun sampai pukul 23.00," demikian pernyataan PPLN Bangkok.

Selain Bangkok, Jokowi juga menang di tempat pemungutan suara luar negeri lainnya, termasuk Beijing, Moskow, Pyongyang, dan Melbourne.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Prabowo unggul di sejumlah tempat pemungutan suara luar negeri lain, seperti Suriah, Islamabad, Karachi, Khartoum, dan Tripoli. 

Dalam pemilihan di Indonesia, Jokowi juga terpantau menguasai suara. Merujuk pada hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi unggul dengan suara di atas 50 persen. (has/has)