Suara Jokowi dan Prabowo di Tunisia Imbang

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 16:30 WIB
Suara Jokowi dan Prabowo di Tunisia Imbang Ilustrasi penghitungan suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Proses penghitungan suara dalam pemilihan umum (Pemilu) 2019 di luar negeri juga dilaksanakan di Tunisia. Di negara itu, perolehan suara duet capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ternyata imbang.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga sama-sama meraih 66 suara.
Dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (18/4), penghitungan dilakukan Panitia Pemilihan Luar Negeri bersama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri.

Pada pemilihan tahun ini, sebanyak 142 warga negara Indonesia di Tunisia yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) seluruhnya menggunakan hak pilih. Mereka memberikan suara melalui dua TPS dan Pos.


WNI yang memilih di TPS sejumlah 139 orang, dan yang melalui pos sejumlah tiga orang. Di samping itu terdapat
11 pemilih yang memperoleh formulir A5 untuk pindah memilih di luar Tunisia.
Dalam pemilihan legislatif, Partai Keadilan Sejahtera memperoleh suara terbanyak dengan 41 suara, disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan masing-masing memperoleh 24 suara dan 11 suara.

Selain itu terdapat dua surat suara dinyatakan tidak sah untuk pemilu presiden dan wakil presiden, dan lima surat suara tidak sah untuk pemilu DPR.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)