Jokowi-Ma'ruf Kuasai Suara di Kawasan Balkan

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 20:07 WIB
Jokowi-Ma'ruf Kuasai Suara di Kawasan Balkan Proses penghitungan suara Pemilu 2019 di Bulgaria. (Dok. KBRI Bulgaria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, unggul di Serbia dan Montenegro, dalam Pemilu 2019. Di kedua negara kawasan Balkan itu mereka meraih 59 dari 76 surat suara sah, atau sekitar 77,63 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 17 suara, atau 22,37 persen.
Seperti dilansir Antara, Kamis (18/4), penghitungan suara dilaksanakan di Sport Hall KBRI Beograd (TPSLN Beograd). Jumlah surat suara sah di Serbia dan Montenegro mencapai 76.

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2019 untuk wilayah kerja PPLN Beograd dilaksanakan melalui tiga metode, yakni tempat pemungutan suara, kotak suara keliling dan pos.


Tingkat partisipasi WNI di Serbia dan di Montenegro yang masuk dalam DPT pada pemilu serentak kali ini mencapai 99,5 persen. Sementara sisa surat suara dinyatakan habis untuk memfasilitasi pemilih yang tambahan dan khusus, pada pemungutan suara di TPSLN Beograd pada 14 April.


Kuasai Suara 3 Negara Eropa

Duet Jokowi-Ma'ruf juga menguasai perolehan suara di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania. Mereka meraih 49 suara.

Sedangkan pesaingnya, Prabowo-Sandiaga meraih 9 suara. Total suara keseluruhan 58. Penghitungan suara di TPSLN Sofia mencakup pemilih di Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania.

Acara penghitungan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun Facebook KBRI dan PPLN Sofia untuk menjamin
transparansi. Sementara itu untuk DPR RI, terdapat total 48 surat suara sah dan 5 surat suara dari metode pos
yang dinyatakan tidak sah.

[Gambas:Video CNN]

PDIP menjadi yang teratas dengan 19 suara. Disusul Partai Nasdem dengan 10 suara.

PSI berada di peringkat ketiga dengan 6 suara, kemudian PKS (4 suara) dan Partai Gerindra dan PPP masing-masing 2 suara.

Sedangkan Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Demokrat, PBB dan Partai Golkar masing-masing mendapat 1 suara. (Antara/ayp)