Exit Poll: Pelawak Volodymyr Zelenskiy Menang Pilpres Ukraina

CNN Indonesia | Senin, 22/04/2019 00:30 WIB
Exit Poll: Pelawak Volodymyr Zelenskiy Menang Pilpres Ukraina Setelah pemungutan suara putaran kedua, exit poll nasional Pilpres Ukraina menunjukkan Zelenskiy menang 73 persen, sementara capres petahana hanya 25 persen. (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komedian Volodymyr Zelenskiy diunggulkan memenangi Pilpres Ukraina putaran kedua melawan capres petahana Petro Poroshenko.

Warga Ukraina memberikan suara mereka untuk Pilpres putaran kedua pada Minggu (21/4).

Seperti dikutip dari Reuters, setelah proses pemungutan suara, exit poll nasional Pilpres Ukraina menunjukkan Zelenskiy menang 73 persen suara, sementara Poroshenko hanya sekitar 25 persen suara.


Zelenskiy dikenal sebagai seorang komedian berusia 41 tahun pengisi acara 'Servant of the People'. Acara itu pula lah yang kemudian membuat Zelenskiy melaju ke kontestasi Pilpres Ukraina.


Dalam sejumlah survei, elektabilitas Zelenskiy memang naik tajam dibandingkan petahana. Zelenskiy mewakili kaum muda Ukraina yang jenuh dengan sejumlah persoalan korupsi hingga tingkat ekonomi yang stagnan.

Zelenskiy punya keunggulan di kaum pemilih muda. Para pemuda itu mengakui bahwa Zelenskiy memang tak punya pengalaman, namun mereka percaya bahwa Zelenskiy punya kekuatan untuk memimpin Ukraina yang diisi 42 juta penduduk.

"Saya tidak punya semua pengetahuan tapi saya tengah belajar saat ini," kata Zelenskiy dalam sebuah wawancara dengan AFP, belum lama ini.

Namun, andai Zelenskiy menang dan menduduki jabatan presiden, itu akan menjadi risiko tersendiri karena negara tersebut dipimpin bukan oleh politikus berpengalaman.

Salah satu pemilih senior di Ukraina, Egor BInkevych berharap kandidat yang terpilih nanti bisa mengatasi isu korupsi di negara tersebut.

"Lebih dari apapun, saya ingin struktur negara kita diubah, keseluruhan sistem," tutur Binkevych.

[Gambas:Video CNN] (Kid/kid)