Putin Akan Hubungi AS Soal Hasil Pertemuan dengan Kim Jong-un

CNN Indonesia | Kamis, 25/04/2019 18:05 WIB
Putin Akan Hubungi AS Soal Hasil Pertemuan dengan Kim Jong-un Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan menghubungi Amerika Serikat untuk membahas hasil pertemuannya dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un. (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan menghubungi Amerika Serikat untuk membahas hasil pertemuannya dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un.

"Kim meminta kami untuk menginformasikan pihak Amerika mengenai posisi kami," ujar Putin usai bertemu Kim di Vladivostok, Kamis (25/4).
Pernyataan ini disampaikan untuk menampik dugaan pembicaraan rahasia antara Kim dengan Putin sementara perundingan Korut dan AS soal denuklirisasi hingga kini masih mandek.

"Tak ada rahasia di sini. Tidak ada konspirasi," ucap Putin sebagaimana dikutip AFP.


Secara umum, kata Putin, inti pembicaraannya dengan Kim hari ini adalah Korut butuh jaminan keamanan sebagai timbal balik jika AS ingin negara tersebut benar-benar melucuti senjata nuklir.

"Pemimpin Korea Utara punya pandangan yang sama dengan saya. Kami butuh jaminan keamanan, itu saja. Kita harus memikirkan semua ini bersama-sama," tutur Putin.

[Gambas:Video CNN]

Lawatan pemimpin tertinggi Korut ke Rusia ini dilaksanakan dua bulan setelah pertemuan Kim dan Presiden AS, Donald Trump, di Vietnam pada Februari lalu berhenti tanpa kesepakatan apa pun.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan di Hanoi tersebut, Trump membeberkan bahwa AS sebenarnya sudah menyiapkan satu dokumen kesepakatan yang dapat ditandatangani usai konferensi tingkat tinggi dengan Kim.

Menurut Trump, Kim menawarkan menutup sejumlah situs peluncuran rudal dan kompleks nuklir dengan timbal balik AS mencabut sanksi atas Korut.  (has/has)