Raja Menikah Jelang Pelantikan, Thailand Punya Ratu Baru

CNN Indonesia | Kamis, 02/05/2019 07:52 WIB
Raja Menikah Jelang Pelantikan, Thailand Punya Ratu Baru Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, mengumumkan pernikahannya dengan Suthida beberapa hari jelang pelantikan. Ia langsung memberikan titel ratu untuk istrinya. (Thai TV Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, mengumumkan pernikahannya dengan Suthida beberapa hari menjelang pelantikan. Ia pun langsung menggelar upacara pemberian gelar ratu kepada istrinya.

Media kerajaan Thailand, Royal Gazette, merilis pengumuman pernikahan tersebut, menyatakan bahwa Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya "resmi menikah" dengan raja sesuai dengan tradisi kerajaan.
"Untuk itu, ia menyematkan titel atas Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya dari Permaisuri menjadi Ratu Suthida mulai saat ini," demikian bunyi pernyataan tersebut sebagaimana dikutip AFP, Kamis (2/5).

Gelar tersebut resmi diberikan kepada Suthida dalam sebuah upacara di Istana Dusit yang dihadiri langsung oleh Vajiralongkorn pada Rabu (1/5).


Dalam upacara tersebut, Vajiralongkorn mengenakan seragam putih sementara Ratu Suthida terlihat berbalut gaun sutera Thailand.

[Gambas:Video CNN]

Ini merupakan pernikahan keempat Vajiralongkorn. Tak banyak fakta terkuak mengenai sang ratu karena hukum lese-majeste yang ketat di Thailand.

AFP melaporkan bahwa Suthida merupakan mantan pramugari Thai Airways. Sempat menjadi tim keamanan Vajiralongkorn, Suthida diberi gelar jenderal pada 2016 lalu.

Penyematan gelar ratu ini sendiri dihelat beberapa hari menjelang rangkaian upacara pelantikan Vajiralongkorn yang akan ditahbiskan menjadi saja kesepuluh dinasti Chakri.

Rangkaian upacara tiga hari tersebut akan dimulai pada Sabtu (4/5). Warga Thailand akan menjadi saksi sejarah karena pelantikan ini adalah yang pertama kali setelah hampir tujuh dekade. (has/has)