Rakit Imigran Terbalik di Perbatasan AS-Meksiko, Bayi Tewas

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 11:03 WIB
Rakit Imigran Terbalik di Perbatasan AS-Meksiko, Bayi Tewas Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang bayi laki-laki tewas setelah jatuh ke perairan Sungai Rio Grande saat satu keluarga imigran hendak menyeberang dari Meksiko ke Amerika Serikat menggunakan perahu karet pada Rabu (1/5).
 
Badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) melaporkan bahwa tiga orang yang 2 di antaranya merupakan anak-anak, juga hilang sesaat setelah perahu tersebut terbalik di perbatasan AS-Meksiko.
Kapal yang terbalik tersebut menampung sembilan orang. Mereka adalah kelompok imigran dari Amerika Tengah yang mencoba masuk ke AS setelah lari dari kekerasan di kampung halamannya.

Seorang pria dari kapal tersebut melapor ke agen CBP setelah insiden terjadi. Ia mengatakan bahwa putranya yang baru berusia 10 bulan dan keponakan perempuannya hanyut.

Istri serta putranya yang berusia 6 tahun sempat berjuang di dalam air sebelum ditemukan dan diselamatkan oleh pihak berwenang. Jasad bayi laki-laki tersebut ditemukan beberapa kilometer dari sungai tersebut.
 
[Gambas:Video CNN]


Sementara itu, seorang pria dewasa dan satu gadis juga dinyatakan hilang. Pencarian masih terus dilanjutkan.

Selama ini, Presiden AS, Donald Trump, selalu menganggap gelombang imigran dari Amerika Tengah ini sebagai ancaman bagi negaranya.

Selain meminta biaya untuk pembangunan tembok di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko, Trump juga memerintahkan pengenaan biaya bagi semua orang yang mengajukan suaka ke negaranya. (ajw/has)