Sehari Jelang Pelantikan, Raja Thailand Sembah Patung Buddha

CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 17:25 WIB
Sehari Jelang Pelantikan, Raja Thailand Sembah Patung Buddha Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, memberikan penghormatan ke patung Buddha dan menyalakan lilin keberuntungan sehari sebelum rangkaian upacara pelantikannya. (Reuters/Chaiwat Subprasom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, memberikan penghormatan kepada patung Buddha dan menyalakan lilin keberuntungan sehari sebelum rangkaian upacara pelantikannya pada akhir pekan ini.

Reuters melaporkan bahwa ritual ini dimulai hari ini, Jumat (3/5), tepat pukul 16.19, waktu yang dianggap menguntungkan menurut para ahli astrologi.
Selagi Vajiralongkorn menjalankan ritual tersebut, para biksu membacakan mantra-mantra dan doa sepanjang upacara.
 
Upacara penobatan Vajiralongkorn pada Sabtu hingga Senin mendatang akan menjadi yang pertama dalam kurun 69 tahun sejak sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, dilantik pada 1950 lalu.

Menyandang gelar Raja Rama X, Vajiralongkorn menjadi raja konstitusional setelah kematian ayahnya pada Oktober 2016 setelah 70 tahun menduduki takhta kerajaan.
Sebelumnya, pejabat senior istana sudah mengirimkan tiga barang berupa plakat emas yang di atasnya tertera nama dan gelar resmi sang raja, ramalan bintang, serta materai kerajaan dari Kuil Emerald Buddha ke Istana sebagai persiapan untuk upacara esok.
 
Ketiga barang tersebut akan dipersembahkan kepada raja oleh kepala Brahmana bersamaan dengan lima tanda dan simbol kerajaan Thailand.
 
Seperti dilaporkan oleh surat kabar kerajaan pada hari Jumat, menjelang upacara penobatan, raja juga akan memberikan grasi kepada beberapa tahanan guna "memberi mereka kesempatan untuk menjadi warga negara yang baik."


[Gambas:Video CNN]

Raja Maha Vajiralongkorn juga akan mengurangi masa hukuman bagi narapidana yang dipenjara seumur hidup dan mengubah hukuman mati para narapidana.

Namun, belum ada kabar lanjutan mengenai jumlah tahanan yang dapat menerima grasi kerajaan tersebut.   (ajw/has)