Jepang Diguncang Gempa 5,8 SR, Tak Ada Peringatan Tsunami

CNN Indonesia | Minggu, 05/05/2019 03:42 WIB
Jepang Diguncang Gempa 5,8 SR, Tak Ada Peringatan Tsunami Ilustrasi Kota hokkaido, Jepang. (ThinkStock/Thissatan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi berkekuatan 5,8 skala richter melanda wilayah pantai bagian timur Hokkaido, Jepang, pada Minggu (5/5) pagi waktu setempat. Namun beruntungnya, tak ada peringatan terkait potensi ombak tsunami.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dikutip dari Reuters, episentrum gempa itu berada 59 kilometer (km) di bawah permukaan laut. Tepatnya di laut lepas kota pesisir Nemuro di ujung timur Pulau Hokkaido Utara.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang terkait dengan USGS dan Badan Meteorologi Jepang tidak mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa bumi terjadi.


Seperti diketahui, Jepang dikenal sebagai negara yang kerap dilanda bencana alam, namun juga siap menghadapinya. Pada 2011 misalnya, Negeri Sakura dihantam Tsunami yang menewaskan 19 ribu jiwa. Lainnya, topan Trami juga menewaskan puluhan orang pada September 2018.

Namun hal itu tak membuat warga Negeri Matahari Terbit surut. Sejumlah hal yang dilakukan oleh Jepang dalam menghadapi bencana di antaranya adalah melalui teknologi. Dilansir dari Culture Trip, sedikitnya ada delapan upaya yang dilakukan oleh warga dan pemerintah Jepang.

Menciptakan bangunan tanpa gempa, menambah sistem peringatan pada perangkat pintar, pembaruan sistem pada kereta, siaran televisi, pendidikan proses evakuasi, museum peringatan gempa bumi untuk wadah informasi, paket bertahan hidup, dan terowongan air.




(Reuters/lav)