Raja Thailand Sapa Rakyat dari Balkon Istana Usai Pelantikan

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 20:44 WIB
Raja Thailand Sapa Rakyat dari Balkon Istana Usai Pelantikan Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, menyapa rakyat yang berkumpul di depan istana sebagai penutup rangkaian pelantikannya yang dihelat sejak akhir pekan lalu. (Reuters/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, menyapa rakyat yang berkumpul di depan Istana Kerajaan pada Senin (6/5) sebagai penutup rangkaian pelantikannya yang dihelat sejak akhir pekan lalu.

Dari ketinggian, sang raja baru bersama istrinya, Ratu Suthida, melambaikan tangan ke arah ribuan orang yang mengibarkan bendera.
Kehadiran mereka kemudian disambut dengan marching band yang memainkan lagu nasional, juga 21 tembakan meriam.

"Saya dan Ratu sangat senang melihat rakyat berkumpul bersama untuk menyampaikan harapan dalam penobatan saya," ujar Vajiralongkorn dalam pidatonya.


"Semoga persatuan dalam menyampaikan kebaikan kepada saya hari ini dapat menjadi awal yang baik untuk semuanya, semua pihak agar bersatu menjalankan tugas kalian demi kesejahteraan negara kita."
Tiga kelompok angkatan bersenjata kemudian menyampaikan hormat kepada raja. Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-o-Cha lantas memimpin rakyat menyerukan, "Hidup raja!"

Setelah itu, Vajiralongkorn menyapa para duta besar perwakilan berbagai negara dan berterima kasih atas kehadiran mereka dalam rangkaian pelantikannya.

Rangkaian pelantikan ini sudah dimulai sejak akhir pekan lalu, ketika Vajiralongkorn dibasuh dengan air suci dari berbagai penjuru Thailand. Sehari kemudian, ia diarak berkeliling dari Istana Kerajaan menuju tiga kuil suci. (has)