Malaysia Sebut AS Sudah Kembalikan Rp815 M Uang 1MDB

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 13:18 WIB
Malaysia Sebut AS Sudah Kembalikan Rp815 M Uang 1MDB Ilustrasi. (Reuters/Olivia Harris)
Jakarta, CNN Indonesia -- Malaysia menyatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat sudah mengembalikan sekitar US$57 juta atau setara Rp815 miliar dari pemulihan aset lembaga investasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Kejaksaan Agung Malaysia melaporkan bahwa dana yang dikembalikan itu berasal dari perusahaan produksi film Hollywood, Red Granite Pictures.
Perusahaan itu didirikan oleh Riza Aziz, putra tiri mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, yang kini sedang diselidiki terkait skandal korupsi besar-besaran 1MDB.

Riza merupakan produser film berbasis di Los Angeles sekaligus pendiri agensi film Red Granite Pictures, yang memproduksi sejumlah karya Hollywood seperti The Wolf Of Wall Street yang dibintangi Leonardo DiCaprio, Dumb And Dumber To, dan Daddy's Home.


Kementerian Kehakiman AS menuding Riza menggunakan lebih dari US$100 juta uang 1MDB untuk membiayai ketiga film tersebut.

Dilansir Reuters, Red Granite juga disebut terlibat pembelian sejumlah aset menggunakan uang 1MDB. Aset itu kemudian disita oleh AS.

[Gambas:Video CNN]

Perusahaan dikabarkan sepakat menutup kasus tersebut dengan membayar denda US$60 juta kepada pemerintah AS.

Selain itu, Kementerian Kehakiman AS juga sedang memproses pembebasan dana sekitar US$239 juta atas penjualan satu properti di Manhattan yang terkait dengan Low Taek Jho alias Jho Low, rekan Aziz sekaligus otak di balik skandal 1MDB.

Keseluruhan kasus ini pertama kali menjadi perhatian publik setelah pada 2015, Wall Street Journal melaporkan aliran dana sebesar US$700 juta dari 1MDB ke rekening pribadi Najib Razak. (has/has)