Pawai Gajah Hormati Raja Thailand Sehari Usai Pelantikan

CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 17:50 WIB
Pawai Gajah Hormati Raja Thailand Sehari Usai Pelantikan Pawai gajah berbalut cat putih berarak di depan Istana Kerajaan Thailand untuk memberikan penghormatan kepada Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dilantik. (Reuters/Soe Zeya Tun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pawai gajah berbalut cat putih dan kain tradisional berarak di depan Istana Kerajaan Thailand untuk memberikan penghormatan kepada Raja Maha Vajiralongkorn yang baru merampungkan rangkaian upacara pelantikan.

Para warga yang berkumpul di depan istana berteriak gembira ketika gajah-gajah tersebut ditunggangi oleh pawangnya ke ruas jalan pada Selasa (7/5).
Kawanan hewan tersebut kemudian membungkuk, memberikan hormat di hadapan foto Vajiralongkorn yang dipajang di depan istana. Kerumunan warga pun bersorak, bertepuk tangan menghargai kebolehan gajah tersebut.

Gajah sendiri merupakan salah satu hewan yang memiliki tempat khusus dalam sejarah dan kebudayaan Thailand.


"Gajah adalah simbol monarki, simbol perjuangan, juga simbol perdamaian dan ketentraman," ucap seorang warga Bangkok, Panarat Panchuer.
Namun, ini merupakan kali pertama gajah melakukan penghormatan setelah rangkaian upacara pelantikan raja.

"Saya sangat senang karena saya tidak pernah melihat hal semacam ini dalam 70 tahun hidup saya," ujar seorang pengemudi taksi, Boonsueb Unnimit, kepada Reuters.

Pelantikan Vajiralongkorn kali ini pun dianggap spesial, terutama setelah Thailand berduka karena kematian Raja Bhumibol Adulyadej.
Pemilik penangkaran gajah-gajah yang tampil tersebut, Laithongrien Meepan, pun mengaku bangga karena hewan tersebut tetap tenang walaupun cuaca panas.

"Kami semua sangat senang," katanya. (has/has)